Waktu yang berbicara

lama banget gue ngga nulis di blog, gue mau ngobatin kangen gw nulis di laman ini, gue terlalu sibuk sama semua impian gue sampe gue lupa bahwa dibalik mimpi gue masih banyak yang harus gue perbaiki sebelum meraih semua mimpi gue yang bisa di bilang terlalu tinggi. Jujur selama melewati masa sma gue banyak sikap gue yang seharusnya ngga gue lakuin, kesalahan gue yang paling gw sesalin sampe sekarang adalah gue terlalu mengedepankan kesenangan gue, gue terlalu santai ,nilai gue ngga terlalu bagus, gue suka bikin mudah semuanya .

Bicara tentang waktu, apa sih waktu? ya waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kita ulang lagi, ketika kita telah melakukan suatu hal , mungkin kita ngga akan bisa ngulang lagi kecuali kita memperbaikinya untuk kedepannya, dari awal gue berjuang mati matian buat dapetin satu impian gue , tapi allah berkehendak lain , mungkin tahun ini gue ngga di tempatin di sana karena gue sadar kedewasaan gue kurang dan masih banyak hal hal yang masih harus gue perbaiki untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik ketika allah memberikan mimpi yang allah masih gantungkan itu untuk gue . Banyak yang bilang gue mustahil dengan kemampuan gue yang cuma segini untuk masuk ke impian gue itu, hmm.. mungkin iya tapi faktor terbesar nya adalah restu orangtua dan rahasia yang diatas, mungkin kali ini gue ngga kesampean buat raih impian gue tapi gue yakin yang di atas lagi nyiapin rencana yang indah buat gue untuk tahun ini , yang menurutnya baik untuk gue jalankan .. ada yang nanya sama gue “lu iri ngga sama yang udah dapet ptn di luar sana?” hmm, ngga sama sekali, gue bersyukur temen temen gue udah pada dapet ptn , mungkin itu rezeki mereka dapet ptn cepet lalu orang itu nanya lagi ke gue ” kenapa lu bisa ngga iri? itu impian lu dari dulu buat masuk ptn walaupun pukan ptn impian sekalipun” ya karena buat apa kita iri sama rezeki orang lain, toh yang punya rezeki mereka bukan gue kan? kalo gue iri apa iya gue bisa dapetin rezeki yang sama kayak mereka? kalo gue bisa dapet rezeki yang sama kayak mereka apa iya dengan itu gue bakal ngeraih kesuksesan? ya sekarang yang bisa gue lakuin cuma doa doang mungkin didepan sana ada tempat yang terbaik buat gue, buat masadepan gue karena kita aja ngga tau jalan hidup kita kedepannya gimana..

Klo ditanya kenapa lu ngebet banget pengen kuliah ptn dari pada pts, padahal keduanya sama sama bagus dan peluang kerjanya juga sama.. karena gue ngga pengen nyusahin orang orang yang sayang dan yang selalu ada buat gue, gue mau belajar hidup mandiri, gue ngga pengen disuapin terus , gue pengen nyari beasiswa buat ringanin beban orang orang yang sayang sama gue , gue mau banggain mereka dengan usaha gue sendiri, mungkin kemampuan otak gw cuma sedikit, gw lemah klo ngomongin otak dari pada orang orang diluar sana ya gue sadar akan itu , tapi selama gue masih di kasih kesempatan kenapa ngga? orang bilang yang masuk ptn cuma orang orang pinter doang cuma orang orang yang punya uang banyak.. ngga juga , semua dapet kesempatan yang sama buat ngeraih mimpi dan cita cita kita.. banyak jalur buat ngeraih cita cita ngga cuma satu jalur doang , kalo kita mental nya udah jatoh duluan gimana yang diatas bisa percaya sama kita?

Mungkin sekarang allah masih nyimpen semua impian gue, tapi gue yakin suatu saat nanti impian gue akan dikeluarkan untuk gue , untuk apa kita menyerah ? bagi gue ini adalah batu loncatan buat gue , layaknya pendaki gunung yang sedang mencapai puncak kalo dia kepleset batu dia akan bangkit lagi untuk mencapai puncak. sekarang perjalanan gw masih di kawah gunung belom sampe puncak masih banyak rintangan yang harus gue lewatin , kata orang lu ngapain nulis kayak gini si lu ngga malu apa? hmm buat apa malu? ini cara gue buat ngapus semua rasa sedih gue, buat bangkitin semangat gue, cuma dengan menulis yang bisa bikin hati gue tenang , menulis adalah cara terbaik gue, selain buat gue tenang mungkin tulisan ini bisa jadi referensi juga buat orang lain , atau ini buat dokumen gue kalo gue udah besar nanti, gue jadi inget kalo gue pernah berjuang , gw pernah rasain betapa asiknya berjuang , gue pernah nangis karena berjuang, gw pernah tertawa karena berjuang bahkan gue banyak dapet hal karena berjuang. jadi maaf klo yang risih atau gmn ya, gue niatnya cuma mau nulis doang ngga lebih urusan kalian mau bicaraain gw atau mikir gw gmn gmn itu balik ke kalian.. tiap orang punya cara tersendiri buat ngobatin hati mereka.. buat yang di sana yang udah dapet ptn selamat ya, semoga kalian sukses!!! buat yang belom dapet percaya aja allah punya rencana kok buat kita ^_^ .. cukup dulu ya cerita gue, tunggu tulisan tulisan selanjutnya dari gue ya… makasih, maaf kalo ada yang ngga berkenan ^_^

 

“Pengalaman Bagaikan Pelajaran Berharga”

Akhirnya blogku  aktif lagi, ngga terasa lama banget aku ngga nulis disini.Kangen rasanya menulis di sini , maka dari tu hari ini aku akan membagikan sedikit cerita tentang pengalamanku yang kujadikan ini sebagai penghias, penghiburku.Jujur aku bersyukur dilahirkan kedunia ini karena ada 5 hal yaitu pengalaman, teman/adekkelas/kakak kelas,orangtua,kesenangan dan kesedihan .Kenapa 5 hal itu yang membuat aku bersyukur? iya karena kelima hal itu yang membuatku semakin dewasa dari hari kehari, walaupun ada hari di mana aku ngedown bgt di situlah aku tau yang mana yang temenan atau mau bergaul denganku tulus dan aku bersyukur karena disinilah ujian yang diberikan allah aku jadi tau berapa banyak yg tulus sama aku . Dan pengalaman , disinilah aku bangga hidup di dunia karena aku diberi banyak pengalaman oleh allah , jujur aku memang bukan pecinta alam yang sesungguhnya dan blm bisa di bilang pecinta alam, jujur dalam langkahku masih banyak yang belom sempurna tapi aku mengingat beberapa hal dari pengalaman menanjak bersama mereka yang hebat. Aku mau flashback dari awal aku masuk , aku masuk kurang lebih 2 tahun yang lalu , penanjakkan pertama adalah ke kawah ratu gunung salak , mungkin ada beberapa kejadian yang tak terduga tapi aku ngga nyesel ikut karena aku tau siapa yang bener bener jiwa kebaikannya ada dan aku jadi menetapkan kalau aku jadi kakak kelas aku harus bisa melindungi adek adekku kelak . Dan pada saat pengambilan nomor hal yang paling di tunggu tunggu itu datang akhirnya bener bener aku punya nomor salah satu impian ku di sekolaha dalah masuk pecinta alam dan punya nomor dan ternyata itu terwujud dengan tekat dan kerja keras walaupun banyak rintangan .

 

Dan yang di tunggu tunggu pun tiba di mana ada angkatan baru yang masuk dan di situ aku merasakan bahwa di sinilah duniaku yang sebenernya , mereka itu ngga bisa aku deskripsiin satu satu tapi yang terpikirkan oleh ku mereka itu baik,solid,asik dan aku seneng itu , di perjalanan kali ini aku jadi lebih kuat aku jadi lebih semangat dan dengan canda tawa mereka aku bisa sampai tujuan.di sini aku merasakan mereka adalah adek adekku. semua ketegangan berubah menjadi canda dan tawa bersama mereka , jangankan mau marah , mau tegang aja ngga bisa  tiap perjalanan ada aja candaan .Ya mungkin ngga cuma di pecinta alam terjadinya di acara camp  terbukti angkatan mereka sangat solid, walaupun ada yang ngga pernah ikut pecinta alam tapi jiwa kebaikkannya tuh ada , aku bukan bangga banggain tapi emang ini kenyataannya . Bukan hanya adek kelas kakak kelas pun sangat baik kalau aku lagi sedih kadang mereka yang hibur aku , kalau aku lagi kesusahan mereka yang bantuin aku makasih semua aku sayang kalian semoga semua ini ngga terhenti sampe sini ya  , mungkin ini yang dinamakan semua kebaikan tidak akan sia sia, aku bersyukur punya kakak kelas dan adek kelas seperti mereka, mereka yang sangat ngga bisa aku deskripsiin , Kini aku yang menjadi kakak kelas yang seharusnya melindungi adekkelas layaknya mereka yang dulu ngelindungi dan ngehibur aku dan semoga dengan semua ini akan memperlancar langkahku dalam menghadapi semua ujian , baik itu US,UTS,UAS,UN,SBMPTN,SIMAK UI semua… semoga ngga ada halangan amiiiiiin… mungkin ini sedikit kisahku yang bisa ku bagi. Trimakasih maaf kalau ada yang kurang berkenang 🙂

PERJALANAN SEPANJANG G.SALAK

 

Baru kali ini saya aktif dalam blog saya kembali, dan kali ini saya akan membagikan cerita ketika saya dan teman teman saya melakukan perjalanan kembali ke gunung salak ,pasir ringgit .

(12 FEBUARI 2016)

Dengan tujuan diklat tanwana 2016 angkatan 3 , di perjalanan ini yang ikut adalah angkatan 3(sebagai peserta) dan angkatan 2 tanwana(sebagai panitia ) serta pembina dan juga guru pendamping .Angkatan 3 yang ikut diantaranya (Azis,Rayhan,Shofwan,Abe,Damar,Ikhlas,Afif,Nazla,Suri,Aulia dan juga Marwa) serta angkatan 2 yaitu ( Fian,Hirza,Miqdad,Taqwa,Ali,Fadhil,Haidar,Firda dan juga icha ) serta pembina tanwana yaitu Bang dadan dan juga guru pendamping yaitu Pak adi,Miss susi dan juga Miss erna .Jam menunjukkan pukul 5.00 sore semua yang ikut dalam perjalanan ini mulai berkumpul dan mulai packing ulang .

C360_2016-02-21-06-35-00-109

Setelah semua sudah mempacking ulang kita pun langsung melaksanakan shalat maghrib dan setelah itu makan malam lalu kita pun melaksanakan shalat isa , lalu setelah semua selesai . Kitapun langsung bersiap siap melakukan perjalanan menuju gunung salak , tapi sebelum saya dan teman teman serta adik kelas menuju teronton ada sambutan terlebih dahulu dari pembina tanwana dan juga sambutan dari perwakilan sekolah , di sekolah juga kita kedatangan beberapa kakak kelas di antaranya kak naufal,kak lanang,kak vendra,kak rafif,kak fahmi dan juga kak ayyas yang juga membantu para angkatan 3 untuk packing . Setelah rangkaian acara selesai waktu menunjukkan pukul 9.00 malam dan kami pun langsung bergegas menuju teronton untuk melanjutkan perjalanan namun angkatan 1 (kak fahmi dan kawan kawan ) serta perintis( kak vendra) tidak bisa bergabung untuk bergabung .

Perjalanan yang di tempuh untuk mencapai lokasi kurang lebih 4-5 jam . Di sepanjang perjalanan banayk kejadian yang lucu .. ada aja yg bisa bikin ketawa .Tapi ada juga yang tidur sepanjang perjalanan sangking kecapean di teronton . Dan tak terasa akhirnya kita sampai di lokasi pada pukul 1.00  pagi kami pun langsung naik ke atas untuk mencari tempat beristirahat sejenak .

1455531295324

Dan akhirnya kita menemukan warung untuk beristirahat terlebih dahulu . Kami beristirahat dari jam 1.00-5.00 , setelah semua cukup beristirahat kami langsung segera menunaikan ibadah shalat subuh lalu kita langsung makan pagi bersama setelah itu kita langsung melaksanakan olahraga pagi yang di pimpin oleh fian

1455531340920

(13 FEBUARI 2016)

Setelah semua selesai kita pun langsung bersiap siap melanjutkan perjalanan  jam 8.00 pagi, namun ketika ingin elanjutkan perjalanan sepatu saya ternyata rusak , tapi saya memaksakan untuk menggunakannya sampai ke camp ,dalam diklat tahun ini terdapat 3 kelompok kelompok nya di antaranya :1 aulia,damar,shofwan 2. nazla,marwa,azis,ikhlas dan abe 3. suri,rayhan dan afif . Aturan perjalanan selama di sana adalah jalan perkelompok dari kelompok 1 lalu kelompok 2 dan yang terakhir kelompok 3 suri,rayhan dan ikhlas. Dan juga panita di bagi menjadi 2 yaitu sweeper dan yang membuka jalan ke tempat camp .Yang menjadi sweeper adalah saya,haidar,fadhil,taqwa,ali,pak adi,miss erna dan miss susi dan juga yang membuka jalan ada bang dadan hirza,icha,fian dan juga miqdad .

Akhirnya kita pun berjalan sesuai alur . 1 jam berjalan akhirnya kita beristirahat di suatu trempat dan memanfaatkan untuk berfoto dan memakan buah yg ada di sana

Setelah puas beristirahat kita pun melanjutkan perjalanan Tetapi  pada saat perjalanan tiba tiba sweeper dan yang membuka jalan tiba tiba menjadi satu .. yaitu menjadi sweeper semua sedangkan kelompok 1 dan 3 bersama bang dadan . sedangkan kelompok 2 serta pak adi .

1456042400004

pada saat semua menyampur ada beberapa jalur yang melewati sungai dan di situ kita memanfaatkan untuk mengambil minum dan sempat bermain air juga, setelah puas akhirnya kita melanjutkan perjalanan dan akhirnya fian dan miqdad menyusul rombongan bang dadan. Dan pada saat berhenti saya sempat berganti sepatu menjadi sandal .. namun saya pakai sendal pak adi karena sendal saya sendal jepit … tapi tidak lama kemudian saya berganti sandal menjadi sendal saya sendiri . tidak lama kemudian aulia terbeset daun tajam dan akhirnya kita berhenti sejenak untuk mengobatinya  setelah itu kita melanjutkan perjalanan lagi . Selama perjalanan pasti ada aja pembahasan yg di bahas entah sepatu -.- entah ada yg nanya berapa jam lagi sampenya .. sampe nyanyi nyanyi -.- .. pada saat itu sweeper bersama kelompok 2 dan 1 yaitu damar,shofwan,aulia,nazla,marwa,azis,ikhlas dan abe .. kami terus berjalan waktu menunjukkan pukul 10.00 pagi namun kita baru setengah jalan dan sampai akhirnya kita sampai ke camp pada pukul 1.00 siang .di sana kita langsung beres beres cerrier, istirahat sejenak dan bergegas mendirikan tenda terlebih dahulu

1455518436454

1456042432356

setelah mendirikan tenda kita langsung melaksanakan shalat dzuhur ,setelah itu di lanjutkan dengan upacara pembukaan

1456043195751

setelah semua kelar baik panitia ataupun peserta langsung makan

Setelah semua selesai peserta di berikan waktu istirahat dari jam 2.00 -5.00 sore sedangkan panitia mempersiapkan acara selanjutnya sambil minum teh hangat dan sejenisnya .. namun keadaan hujan tidak memungkinkan melanjutkan acara dan pada saat itu para perempuan peserta turun dan kedinginan .. mereka langsung di suruh segera menghangatkan badan dan makan .. tapi karena marwa tidak memungkinkan untuk tidur di bifak akhirnya dia di aihkan di tenda darurat . Dan pada saat acara tiba tiba ada beberapa kakak kelas yang menyusul ke gunung salak untuk membantu jalannya acara . Akhirnya para pesertapun diberikan waktu istirahat berhubung hujan , sambil masak juga . Dan waktu menunjukkan pukul 9.00 para peserta di perbolehkan untuk beristirahat dan panitia saling berjaga .. tidaka da yang tidur .. dan saya sendiri juga tidak tidur untuk menjaga marwa.. dan setelah lama beristirahat jam menunjukkan pukul 3.00 pagi semua peserta di bangunkan untuk materi rohani dan jasmani di pagi hari sampai jam 5.00 pagi setelah semua kelar semua langsung bergegas untuk shalat subuh dan bergegas packing untuk melanjutkan perjalanan ke kawah ratu dan melakukan olahraga pagi sejenak.

1456045334696

Setelah itu kita langsung melanjutkan perjalanan ke kawah ratu (14 FEBUARI 2016).. perjalanan yang ditempuh 30 menit sampai 1 jam perjalanan

sesampainya di sana kita langsung melaksanakan upacara penutupan dan di berikan waktu bebas kurang lebih 1 jam

Setelah puas berfoto , berhubung cuaca hujan kita segera turun dan kembali ke tempat awal keberangkatan .. waktu yg di tempuh sebanyak 5 jam .. awalnya yang menjadi sweeper bersama kelompok damar dan ikhlas  adalah ali,taqwa,saya,haidar dan fadhil sisanya di depan ..tapi pada saat perjalanan bertemu dengan miqdad dan fadhil akhirnya kita melanjutkan perjalanan . jam menunjukkan pukul 2.00 dan kita baru setengah jalan dari tempat camp .. dan akhirnya semua memutuskan untuk berhenti sejenak untuk minum dan makan coklat terlebih dahulu .  setelah cukup akhirnya semua melanjutkan perjalanan dan pada saat perjalanan kita bertemu dengan angkatan 2 yang lainnya yaitu hirza dan fian . Pada saat itu kami sempat tersesat dikarenakan kami pikir kami salah jalur .. tapi kami tetap melanjutkan perjalanan .. kami terus berjalan sampai akhirnya sampailah kami di pintu awal keberangkatan kami sampai bawah pada pukul 4.00 sore . Dan setelah sampai kami langsung MCK dan setelah itu menuju teronton . Waktu perjalanan kurang lebih 4-5 jam .. kami sampai di sekolah pada pukul 20.00 malam . Program diklat tahun 2016 berjalan dengan lancar sesuai keinginan tanpa kurang satupun . Saya sangat bersyukur dapat ikut turut serta dalam acara ini, acara ini memberikan banyak pelajaran dan pengalaman baru untuk diri saya sendiri untuk menjadi seorang manusia yang lebih baik kedepannya walaupun di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna melebihi yang maha kuasa. Saya menjadi lebih menghargai hidup , semua ini akan menjadi memmory yang takkan terlupakan sampai kapanpun. semoga kita semua kedepannya bisa menjadi orang yang lebih baik lagi … AMIIN!!!!.. #HIDUPKITAADALAHYANGTERBAIK…..

#CINTAILAHALAM

 

Berawal Dari Setangkai Bunga Mawar

Lama tidak aktif dalam penulisan blog ini membuat saya ingin menulis suatu hal mengenai sebuah bunga mawar. Mawar siapa yang tidak tau bunga mawar? pasti kalian tau bunga mawar . Bunga itu adalah bunga yang diminati banyak orang .  Bunga mawar merupakan tanaman dari Ordo Rosanales sangatlah pantas menyandang julukan si “Ratu Bunga” karena hampir semua orang menyukai dan mengenal mawar. Warna bunganya  yang cantik menawan dengan aneka ragam warna warni seakan menghidupkan suasana taman menjadi semarak, ditambah lagi pesona harumnya yang semerbak wangi.

Kita dapat belajar dari setangkai bunga mawar. Dia hanyalah bunga namun banyak orang berbondong bondong untuk mendapatkan semua itu. Sama halnya dengan hidup kita harus menjadi seseorang yang berguna bagi banyak orang agar orang orang mengenal kita dengan baik bukannya dikenal tidak berguna dan menjadi sampah masyarakat . Mawar memiliki bau wangi . Dan kita mungkin tidak memiliki bau wangi seperti apa yang dimiliki oleh bunga mawar, tapi kita pasti bisa menjadi seperti bunga mawar yang wangi . Maka dari itu banyak lah kita mencari ilmu .Manfaatkan semua yang telah di berikan oleh sang pencipta dengan sebaik baiknya seperti seseorang yang kita temui dari kita kecil bahkan sampai sekarang . Meski rupanya berbeda beda namun ketulusan mereka sama , maksud dan tujuan mereka adalah membuat kita sukses di masa depan . Dia adalah Mawar yang kita temui ketika kita mencari ilmu

images-6.jpg

imgres-2.pngimages-1.jpg

Jika kalian ingat Ki Hadjar Dewantara beliau adalah bunga pertama yang menebar harumnya pendidikan di indonesia tercinta ini. Tanpa adanya beliau kita para generasi penerus ini ngga akan bisa untuk mencari ilmu beliau mendirikan taman siswa yang menjadi gerbang utama pencarian ilmu yang didirikan pada tanggal 3 Juli tahun 1922 diYogyakarta (Taman berarti tempat bermain atau tempat belajar, dan Siswa berarti murid).Pada waktu pertama kali didirikan, sekolah Taman Siswa ini diberi nama “National Onderwijs Institut Taman Siswa”, yang merupakan realisasi gagasan beliau bersama-sama dengan teman di paguyuban Sloso Kliwon. Sekolah Taman Siswa ini sekarang berpusat di balai Ibu Pawiyatan (Majelis Luhur) di Jalan Taman Siswa, Yogyakarta, dan mempunyai 129 sekolah cabang di berbagai kota di seluruh Indonesia.

imgres.pngimgres-1.png

Ketika Taman Siswa itu berdiri bagaikan bunga mawar yang mulai tumbuh dan berkembang yang menebar banyak bau harum yang membuat orang orang hebat bermunculan satu persatu . Sosok Bunga Mawar yang hadir di tengah tengah kita sekarang ini adalah orang yang iklas .Dialah Mawar yang selalu memberikan kebahagiaan serta keceriaan untuk kita semua , murid murid beliau . Meskipun kita lulus sekalipun kita akan menjadi bibit bunga mawar yang akan menebar keharuman untuknya kelak dan untuk banyak orang jadi mulai sekarang hormatilah sosok yang satu ini karena beliau adalah salah satu sosok yang berjasa untuk kita semua . Mulai lah menghargai mereka yang telah membantu kita

images-3.jpgimages-2.jpg

SELAMAT HARI GURU UNTUK GURU GURU DI SELURUH INDONESIA- 25 NOVEMBER 2015

images-4.jpgimages-5.jpg

Resensi Novel Sang Pemimpi

kali ini saya akan membahas tentang resensi novel sang pemimpi yang cukup  menyadarkan diri saya . Berikut ini resensinya

sang-pemimpi

1. Identitas Buku

Judul : Sang Pemimpi

Penulis : Andrea Hirata

Penerbit : PT Bentang Pustaka

Halaman : x + 292 Halaman

Cetakan : ke-14, januari 2008

2. Pratinjau

Luar biasa. Begitulah kesan yang tersirat setelah membaca buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini. Bagaimana tidak? Alur cerita dan gaya bahasa yang disuguhkannya mampu dikemas begitu apik dari awal hingga akhir. Ditinjau dari segi intrinsiknya, novel ini bisa dibilang hampir tanpa cela. Sebab di setiap peristiwa, Andrea dengan cerdas menggambarkan karakteristik dan deskripsi yang begitu kuat pada tiap karakternya. Sehingga pembaca bisa dengan mudah menafsirkan arah jalan ceritanya. Bahasanya pun sangat memikat, dengan dibumbui ragam kekayaan bahasa dan imajinasi yang luas. Novel ini memiliki kekayaan bahasa sekaligus keteraturan berbahasa Indonesia. Dimulai dari istilah- istilah saintifik, humor metaforis, hingga dialek dan sastra melayu bertebaran di sepanjang halaman. Mulanya, cerita ini lebih bernuansa komikal dengan latar kenakalan remaja pada umumnya. Canda tawa khas siswa SMA sangat kental. Namun lebih dalam menjelajahi setiap makna kata demi kata, terasalah begitu kuat karakter yang muncul di tiap-tiap tokohnya. Terlebih saat Andrea membawa kita ke dalam kenyataan hidup
yang harus dihadapi tokoh Ikal yang mimpinya seakan sudah mencapai titik kemustahilan, dan dengan sensasi filosofis Andrea kembali membangkitkan obor semangat meraih mimpi dan menekankan begitu besarnya kekuatan mimpi Ikal yang akhirnya dapat mengantarkannya ke Sorbonne, kota impiannya.

Selain menggambarkan betapasuperpower-nya kekuatan mimpi, pada
novel ini Andrea juga mencitrakan kebijaksanaan seorang ayah yang begitu besar. Pengorbanan dan ketulusan seorang ayah dalam mendukung mimpi anaknya di tengah keterbatasan hidup menjadikan semangat tak terbeli bagi Ikal dan Arai dalam menggapai impiannya. Disinilah cerita mulai berevolusi menjadi balada yang begitu mengharu biru. Kesabaran seorang ayah dan rasa sayang seorang anak yang luar biasa besarnya kepada sang ayah menyempurnakan novel ini menjadi bacaan yang begitu kolosal dan sarat akan pesan-pesan moril.

Angkat topi untuk Andrea Hirata yang telah berhasil membuat suguhan
kisah yang kental dengan budaya melayu namun sangat cerdas dan
saintifik. Tak hanya bisa membuat seseorang kembali membangun mimpi- mimpinya, novel ini juga bisa menambah rasa hormat kita kepada sang ayah dan mencintainya dengan tulus meskipun di tengah kondisi yang
sangat terbatas.

3. Isi

1) Unsur Intrinsik

  • Tema

Tema yang tersirat dalam novel Sang Pemimpi ini tak lain
adalah “persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi
kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi
atau pengharapan”. Hal itu dapat dibuktikan dari penceritaan
per kalimatnya dimana penulis berusaha menggambarkan
begitu besarnya kekuatan mimpi sehingga dapat membawa
seseorang menerjang kerasnya kehidupan dan batas
kemustahilan.

  • Latar

Dalam novel ini disebutkan latarmya yaitu di Pulau Magai
Balitong, los pasar dan dermaga pelabuhan, di gedung bioskop,
di sekolah SMA Negeri Bukan Main, terminal Bogor, dan Pulau
Kalimantan. Waktu yang digunakan pagi, siang, sore, dan
malam. Latar nuansanya lebih berbau melayu dan gejolak
remaja yang diselimuti impian-impian.

  • Penokohan dan Perwatakan

Ikal : baik hati, optimistis, pantang menyerah, penyuka Bang Rhoma

Arai : pintar, penuh inspirasi/ide baru, gigih, rajin, pantang menyerah

Jimbron : polos, gagap bicara, baik, sangat antusias padakuda
Pak Balia : baik, bijaksana, pintar
Pak Mustar : galak, pemarah, berjiwa keras
Ibu Ikal: baik, penuh kasih sayang

Ayah Ikal : pendiam, sabar, penuh kasih sayang, bijaksana Dan tokoh lain Mahader, A Kiun, Pak Cik Basman, Taikong
Hanim, Capo, Bang Zaitun, Pendeta Geovanny, Mak cik dan
Laksmi adalah tokoh pendukung dalam novel ini.

  • Alur

Dalam novel ini menggunakan alur gabungan (alur maju dan
mundur). Alur maju ketika pengarang menceritakan dari mulai
kecil sampai dewasa dan alur mundur ketika menceritakan
peristiwa waktu kecil pada saat sekarang/dewasa.

  • Gaya Penulisan

Gaya penceritaan novel ini sangat sempurna. Yaitu kecerdasan
kata-kata dan kelembutan bahasa puitis berpadu tanpa ada
unsur repetitif yang membosankan. Setiap katanya
mengandung kekayaan bahasa sekaligus makna apik dibalik
tiap-tiap katanya. Selain itu, Novel ini ditulis dengan gaya realis
bertabur metafora, penyampaian cerita yang cerdas dan
menyentuh, penuh inspirasi dan imajinasi. Komikal dan banyak
mengandung letupan intelegensi yang kuat sehingga pembaca
tanpa disadari masuk dalam kisah dan karakter-karakter yang
ada dalam novel Sang Pemimpi.

  • Amanat

Amanat yang disampaikan dalam Sang Pemimpi ini adalah
jangan berhenti bermimpi. Hal itu sangat jelas pada tiap-tiap
subbabnya. Yang pada prinsipnya manusia tidak akan pernah
bisa untuk lepas dari sebuah mimpi dan keinginan besar dalam
hidupnya. Hal itu secara jelas digambarkan penulis dalam novel
ini dengan maksud memberikan titik terang kepada manusia
yang mempunyai mimpi besar namun terganjal oleh segala
keterbatasan.

  • Sudut Pandang

Sudut pandang novel ini yaitu “orang pertama” (akuan). Dimana
penulis memposisikan dirinya sebagai tokoh Ikal dalam cerita.

2) Unsur Ekstrinsik

  • Nilai Moral

Nilai moral pada novel ini sangat kental. Sifat-sifat yang
tergambar menunjukkan rasa humanis yang terang dalam diri
seorang remaja tanggung dalam menyikapi kerasnya
kehidupan. Di sini, tokoh utama digambarkan sebagai sosok
remaja yang mempunyai perangai yang baik dan rasa setia
kawan yang tinggi.

  • Nilai Sosial

Ditinjau dari nilai sosialnya, novel ini begitu kaya akan nilai
sosial. Hal itu dibuktikan rasa setia kawan yang begitu tinggi
antara tokoh Ikal, Arai, dan Jimbron. Masing-masing saling
mendukung dan membantu antara satu dengan yang lain dalam
mewujudkan impian-impian mereka sekalipun hampir mencapai
batas kemustahilan. Dengan didasari rasa gotong royong yang
tinggi sebagai orang Belitong, dalam keadaan kekurangan pun
masih dapat saling membantu satu sama lain.

  • Nilai Adat istiadat

Nilai adat di sini juga begitu kental terasa. Adat kebiasaan pada
sekolah tradisional yang masih mengharuskan siswanya
mencium tangan kepada gurunya, ataupun mata pencaharian
warga yang sangat keras dan kasar yaitu sebagai kuli tambang
timah tergambar jelas di novel ini. Sehingga menambah
khazanah budaya yang lebih Indonesia.

  • Nilai Agama

Nilai agama pada novel ini juga secara jelas tergambar.
Terutama pada bagian-bagian dimana ketiga tokoh ini belajar
dalam sebuah pondok pesantren. Banyak aturan-aturan islam dan petuah-petuah Taikong (kyai) yang begitu hormat mereka patuhi. Hal itu juga yang membuat novel ini begitu kaya.

4. Kelebihan dan Kelemahan

1) Kelebihan

Banyak kelebihan-kelebihan yang didapatkan dalam novel ini. Mulai
dari segi kekayaan bahasa hingga kekuatan alur yang mengajak
pembaca masuk dalam cerita hingga merasakan tiap latar yang
terdeskripsikan secara sempurna. Hal ini tak lepas dari kecerdasan
penulis memainkan imajinasi berfikir yang dituangkan dengan
bahasa-bahasa intelektual yang berkelas. Penulis juga menjelaskan
tiap detail latar yang mem-background-i adegan demi adegan,
sehingga pembaca selalu menantikan dan menerka-nerka setiap hal
yang akan terjadi. Selain itu, kelebihan lain daripada novel ini yaitu
kepandaian Andrea dalam mengeksplorasi karakter-karakter sehingga
kesuksesan pembawaan yang melekat dalam karakter tersebut begitu
kuat.

2) Kelemahan

Pada dasarnya novel ini hampir tiada kelemahan. Hal itu disebabkan
karena penulis dengan cerdas dan apik menggambarkan keruntutan alur, deskripsi setting, dan eksplorasi kekuatan karakter. Baik ditinjau
dari segi kebahasaan hingga sensasi yang dirasakan pembaca
sepanjang cerita, novel ini dinilai cukup untuk mengobati keinginan
pembaca yang haus akan novel yang bermutu.

5. Sinopsis

Novel Sang Pemimpi menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang
anak Melayu Belitong yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron yang penuh dengan
tantangan, pengorbanan dan lika-liku kehidupan yang memesona sehingga
kita akan percaya akan adanya tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi
dan kekuasaan Allah. Ikal, Arai, dan Jimbron berjuang demi menuntut ilmu
di SMA Negeri Bukan Main yang jauh dari kampungnya. Mereka tinggal di
salah satu los di pasar kumuh Magai Pulau Belitong bekerja sebagai kuli
ngambat untuk tetap hidup sambil belajar.

Ada Pak Balia yang baik dan bijaksana, beliau seorang Kepala Sekolah
sekaligus mengajar kesusastraan di SMA Negeri Bukan Main, dalam novel
ini juga ada Pak Mustar yang sangat antagonis dan ditakuti siswa, beliau
berubah menjadi galak karena anak lelaki kesayangannya tidak diterima di
SMA yang dirintisnya ini. Sebab NEM anaknya ini kurang 0,25 dari batas
minimal. Bayangkan 0,25 syaratnya 42, NEM anaknya hanya 41,75.

Ikal, Arai, dan Jimbron pernah dihukum oleh Pak Mustar karena telah
menonton film di bioskop dan peraturan ini larangan bagi siswa SMA Negeri
Bukan Main. Pada apel Senin pagi mereka barisnya dipisahkan, dan
mendapat hukuman berakting di lapangan sekolah serta membersihkan
WC.

Ikal dan Arai bertalian darah. Nenek Arai adalah adik kandung kakek Ikal
dari pihak ibu,ketika kelas 1 SD ibu Arai wafat dan ayahmya juga wafat
ketika Arai kelas 3 sehingga di kampung Melayu disebut Simpai Keramat.
Sedangkan Jimbron bicaranya gagap karena dulu bersama ayahnya.

sekian dari saya, ini adalah tugas bahasa indonesia . mohon maaf jika ada salah salah kata , assalamualaikum.w.r.b

Dimanakah Tangan -Tangan Penerus Bangsa?

Kita tau bahwa periode kepemimpinan akan terus berganti , mungkin bukan hari ini kita memimpin tapi bisa saja suatu saat nanti Namun apakah pantas seorang pemimpin membiarkan permasalahan di indonesia ini masih banyak ? apa pantas ketika periode seorang pemimpin dari pemimpin satu ke pemimpin selanjutnya masalah yang ada masih saja di jadikan pr? seperti permasalahan pegunungan pegunungan di indonesia , juga permasalahan sekolah anak anak yang mungkin perekonomiannya tidak mencukupi,ataupun masyarakat yang ada di indonesia sekalipun . Memperhatikan bukan semua masalah itu?

Seperti pegunungan contohnya di sumatra , terdapat beberapa pegunungan salah satunya pegunungan leuser yang selalu memberikan oksigen untuk kita semua bernafas , tanpa adanya dia kita bisa apa? tapi apa yang terjadi ? masih saja orang orang menebang pohon dan mengurangi populasi pohon.Untungnya pegunungan leuser masih terjaga bahkan oksigen ataupun Co2 yang di hasilkan oleh pegunungan tersebut di hirup juga oleh negara lain seperti singapore dan malaysa . Tapi mengapa masih banyak orang yang senang merantau dan jalan jalan ke negara lain ? kita tidak tau kenapa, yang kita harus ubah sebagai generasi muda adalah menyadarkan masyarakat indonesia bahwa indonesia itu lebih indah dari pada negara lain

imgres

Dan juga permasalahan di kepulauan riau yang beberapa tahun kebelakang ini sedang maraknya pembakaran hutan di sana, dan masyarakat di sana marah dengan pemerintah .Namun kenapa mereka marah ? sedangkan lahan yang terbakar tidak lumayan banyak dan masih bisa di bantu dengan co2 ataupun oksigen yang di berikan dari gunung gunung yang ada di sekitarnya. Dan yang mengejutkan lagi presiden yang waktu itu sedang memimpin meminta maaf kepada masyarakat riau karena kejadian ini, bukan lain adalah presiden sby . masyarakat juga bingung kenapa sang presiden meminta maaf. hanya waktulah yang bisa menjawab

imgres-1

Dan juga permasalahan di papua yang masih sangat sederhana dan ketat, ada beberapa wilayah di papua yang penduduknya belum menggunakan pakaian dan ktika orang baru ingin masuk ke sana sangat ketat sekali, sampai sampai ada suatu kejadian di suatu tempat di papua yang ketika ada orang dari luat ingin ke sana , dan tidak kenal masyarakat sana ada yang menembaknya , padahal orang itu ingin memberikan sumbangan kepada masyarakat sana . Mungkin itu juga yang harus para pemuda pikirkan untuk mengubah semua itu agar masyarakat di sana juga ikut merasakan kemajuan di luar daerah lain . itu juga adalah bagian dari tugas kita sebagai pemuda indonesia

images-1

Dan juga permasalahan yang satu ini , yaitu permasalahan anak anak calon penerus bangsa yang masih minim ilmu.Masih banyak adik adik yang mungkin tidak ingin sekolah ataupun ingin sekolah tapi tidak punya biaya yang cukup. Mereka membutuhkan tangan tangan kita untuk membantu mereka mencapai kesuksesannya. saya sangat terpukau atas adik adik yang saya kunjungi pada hari minggu 6 september 2015 ini . hati saya langsung tersadar betapa pentingnya dan mahalnya ilmu . dan pentingnya kita yang mampu untuk bersyukur karena kita masih di berikan  kesempatan untuk mencari ilmu, karena sesungguhnya di luar sana banyak yang ingin mendapatkan ilmu tapi belum di beri kesempatan. Saya salut kepada orang orang yang hatinya terpanggil untuk membuat suatu tempat untuk menampung anak anak  , untuk mencari ilmu dengan gratis . mereka menyadiakan tempat untuk anak anak berkarya dan belajar hingga mencapai kesuksesan . kita para generasi muda tinggal mencari jalan untuk melanjutkan dan meneruskan itu semua agar indonesia semakin maju dan berkembang serta lebih baik lagi , dan dengan adanya itu para anak anak yang belum bersekolah bisa sukses di masa depan

imgres-2

Gunakan tangan tanganmu sebagai tangan penerus bangsa dan teruslah berprestasi dan memperbaiki permasalahan indonesia dengan di mulai hal yang terkecil

1000 Cinta Di Langit Eropa

langsung saja kita mulai, siapa yang tidak tau eropa? pasti kalian tau eropa , yang terkenal dengan kota parisnya. dengan menara eiffel nya. Tapi siapa sangka di beberapa tempat di eropa sana ada sejarah islam yang penulis kagumi, mungkin penulis belum pernah ke sana . Tapi dengan penulis membaca dan menonton sebuah kisah , yang berjudul 99 cahaya di langit eropa  penulis menjadi cinta dengan negara eropa tersebut, pastinya dengan sejarahnya .

Sejarah islam di eropa berawal dari turki ,pada abad 15 , turki telah berhasil menaklukan hampir seluruh wilayah eropa timur. Dan pada tahun 1672-1683 ada seorang tokoh yang bernama  Merzifonul Kara Mustafa Pasha yang berusaha untuk menaklukan eropa , pada awal kepemimpinanya yaitu tahun 1672-1676 dia menjabat  sebagai  komandan pasukan darat dalam perang melawan Polandia, dan berakhir dengan dimasukkannya provinsi Podolia ke dalam kekaisaran Ottoman. Kemenangan tersebut memungkinkan Ottoman untuk mengubah daerah Cossack dari Ukraina selatan menjadi protektorat.

Pada tahun 1676  ketika saudaranya iparnya Koprulu Fazil Ahmed Pasha meninggal, Mustafa menggantikannya sebagai perdana menteri. Dan pada tahun 1678 terjandi pemberontakan di Cossack yang pada akhirnya Kara Mustafa kurang berhasil mengatasi pemberontakan ini karena campur tanggan Rusia yang membantu para pemberontak Cossack dan membuat Turki menandatangani perjanjian damai pada tahun 1681, yang berakhir pada dikembalikannya tanah Cossack kepada Rusia.

Pada 1683, ia meluncurkan kampanye utara ke Austria dalam upaya terakhir untuk memperluaskerajaan Ottoman setelah lebih dari 150 tahun berperang. Pada pertengahan Juli, dengan tentaranya yang berjumlah 100.000 orang telah mengepung Wina (dijaga oleh 10.000 tentaraHabsburg). Pada bulan September, ia telah mempelajari segala seluk beluk benteng dan musuhnya sang kara mustafa berfikir dia akan menang atas Wina. 
Tapi pada tanggal 12 September 1683, tentara gabungan Jerman dan Polandia di bawah RajaJan Sobieski mengambil keuntungan dari kelengahan sang Kara Mustafa dalam memperhitungkan strategi, dia tidak menyangka sebelumnya bahwa ada satu point yang terlewat dari hasil berbulan-bulan Kara Mustafa mempelajari benteng musuhnya itu, yaitu bukit disekitar benteng yang menjadi akhir dari perjalanan hidup Kara Mustafa, disanalah pasukan gabungan Jerman dan Polandia menyerang posisinya. Ini semua bermula ketika orang-orang didalam benteng yang sudah dikepung pasukan Kara Mustafa itu memberi kode untuk bala bantuan dari luar dengan sekam api yang dilontarkan ke udara tanpa Kara Mustafa menyadari bahwa itu adalah kode dari musuhnya untuk memanggil bantuan dari luar benteng. 
Terlambat sudah bagi Kara Mustafa untuk menyadari kelalaiannya, panglima pasukan gabungan Jerman Polandia mengirim pesan kepada Kara Mustafa bahwa mereka telah mengepungnya dari balik bukit dan memintanya untuk mundur. Akhirnya drama pengepungan ini yang seharusnya Kara Mustafa mengepung musuhnya yang ada didalam benteng sekarang berbalik Kara Mustafalah yang dikepung dari dua arah dari balik bukit dan dari dalam benteng! Paniklah orang tua ini dan memerintahkan pasukannya untuk dibagi dua menghadapi dua pasukan yang mengepung mereka. 
Dan sang penakluk ini akhirnya berperang bersama para pasukannya sampai pada tanggal 25 Desember 1683, Kara Mustafa dieksekusi di Belgrade. Dia Kara Mustafa meninggal dengan talisutra yang diikatkan di lehernya, dan itu merupakan hukuman mati yang dijatuhkan pada orang-orang yang berpangkat tinggi di Kekaisaran Ottoman. Kata-kata terakhirnya adalah, Pastikan Anda mengikat simpul yang tepat“. Lalu kepala Kara Mustafa dipenggal dan dikirim ke kepada Sultan Mehmed IV. 
Kara_Mustafa_Pashaimgres-9imgres-10
Dan akhirnya setelah kara musthafa dan para prajuritnya meninggal . untuk mengingat kejadian itu orang orang di eropa membuat museum yang di beri nama wien museum karlsplatz di dalam museum itu terdapat banyak kepala manusia yang di awetkan yang bertujuan untuk , agar para penerus dapat mengetahui muka muka para pejuang dahulu .mungkin kisah kara mustafa lah yang paling berkesan . Tetapi museum ini tidak hanya menyimpan sejarah islam tetapi juga menyimpan sejarah sejarah di dunia .
images images-1 imgres-1 imgres-2
Dari mulai raja rajanya sampai beberapa keturunan dari raja raja yang ada di sana juga ada dalam museum ini.

Lalu ada juga  Bukit Kahlen. Bukit yang  menjadi saksi sejarah kekalahan orang-orang Turki yang ingin berkembang di Eropah Barat. sejarah bukit ini, karena pada saat itu pasukan Ottoman yang di pimpin oleh Kara Mustafa Pasha dapat melihat Wina dengan jelas untuk mengawasi tentara pasukan Wina dan bukit itu menjadi saksi atas pertemuran di Wina. Di mana pasukan ottoman untuk mengepung pasukan Wina kemudian kalah, akibatnya disitu muncul tentang kue Croissant.

imgres-3

Kedua tempat itu sangat berkaitan dengan kara mustafa.

Lalu kita  berpindah ke

di Paris yaitu di Museum Louvre yang tersohor itu. Di tempat ini terdapat Islamic Art Gallery yang mengkoleksi ribuan artefak, kaligrafi, seni keramik, dan pernak-pernik lain warisan budaya Islam. Penguasa-penguasa Islam pada Abad Pertengahan seringkali mengirimkan cinderamata yang indah-indah kepada para Raja-raja Eropa, sehingga mereka begitu mengagumi kebesaran dan keagungan Islam. Dan di sinilah terdapat lukisan bunda maria yang dikerudungnya bertuliskan lailahaillallah.

imgres-4
tulisan lailahaillallah di kerudung bunda maria

images-2 images-3

Peradaban Islam pernah menancapkan pengaruhnya di benua ini. Dan itu semua berawal dari Cordoba, sebuah kota di Spanyol, “the city of lights”, pusat peradaban Islam di Eropa pada Abad Pertengahan, kota yang berhasil mengawinkan kemakmuran, kesejahteraan dan keharmonisan, tempat dimana semua agama bisa hidup damai berdampingan di bawah Islam, tempat dakwah bisa maju bersama ilmu pengetahuan.

Cordoba sebagai ibu kota dan ibu sejarah peradaban ilmu pengetahuan dan keharmonisan antar umat beragama. Tentang Sultan Al Rahman penguasa Cordoba yang memerintahkan pembangunan Mezquita. Tentang Juderia, perkampungan orang-orang Yahudi yang sudah ada sejak dulu kala. Tentang sisa-sisa kota yang menjadi pelindung setiap jiwa yang berkeyakinan akan Tuhan dan lebih mengedepankan persamaan yang bisa mempersatukan mereka di atas perbedaan yang ada. Cordoba time adalah Masa Terang yang membuat orang Eropa iri setengah mati. dan di cordoba terdapat masjid yang sangat terkenal yang bernama Mezquita , tadinya adalah sebuah masjid namun sekarang hanya di jadikan museum saja .

imgres-5 images-4 imgres-7 imgres-6

Lalu berlanjut ke spanyol  ke istana Al-Hambra, Granada. Di kota inilah dinasti Islam terakhir mencoba bertahan di Spanyol. Dan Istana Al-Hambra dari kekhalifahan Nasrid menggambarkan semua itu. Dikitari Pegunungan Sierra Nevada, istana ini adalah benteng pertahanan yang dikitari menara-menara pengawas musuh. Namun keindahan istana Al-Hambra menunjukkan betapa para sultan pada masa itu membangunnya dengan sepenuh hati.

Di istana inilah Mohammad Boabdil, sultan terakhir di Granada, menyerahkan kunci istana ini kepada Isabella dan Ferdinand, sebagai tanda menyerahkan diri.

Isabella dan Ferdinand adalah “the royal couple” yang menorehkan sejarah kelam bagi Islam di Spanyol. Mereka berdualah yang mempersatukan Spanyol sebagai kerajaan Kristen terbesar di Eropa, sekaligus mengusir Islam dari bumi Spanyol.

imgres-8

Dan yang terakhir di turki yaitu di Topkapi Palace, istana sederhana dari masa Dinasti Ottoman Turki yang tidak ingin istana ini dibagun dengan sempurna. Karena bagi mereka kesempurnaan adalah milik Allah semata. Kebersahajaan para Sultan juga dibarengi dengan sikap religius mereka.

Namun sayangnya, pasca Abad Renaisans, berpuluh tahun setelah Kara Mustafa gagal menaklukan Eropa Barat, para Sultan Turki berikutnya mulai meninggalkan kesederhanaan mereka. Mereka membangun Istana baru, Dolmabahce, istana kesultanan yang sangat mewah dan megah. Para Sultan mulai hidup bermewah-mewah, jauh dari realitas sosial dan hanyut dalam Euphoria Barat hingga membawa Ottoman semakin terpuruk dan akhirnya digulingkan oleh Mustafa Kemal Attaturk.

images-6

Mungkin masih banyak tempat bersejarah lainnya , namun ini yang bisa aku share dan ini pula yang aku kagumi, sekian dari penulis . trimakasih semua ..