Bersyukur itu ketika lu masih diberi kesempatan untuk merasakan kebahagiaan,cobaan,tawa dan canda,tangis serta rindu .. Masa masa sma bagi gw adalah masa yang paling unik se unik uniknya.. gw mau cerita sedikit tentang masa masa sma gw, sebenernya bukan cerita juga si, kayak apa ya gw cuma pengen aja ngeabadiin semuanya di blog, gw mau berbagi pengalaman , gw tau pasti tiap orang bakal beda bgt ngerasain masa masa sma, tapi gw sangat amat seneng bgt, gw pertamakali bergaul di angkatan rata rata ama cowok yang ke dua di sma gw banyak dipertemukan dengan kakak kakak kelas yang super duper baik banget , sangking baiknya gw inget banget kelas 10 gw ada masalah sama temen gw, ada beberapa yang mau maju buat gw karena ngga tega ngeliat gw di gituin , saat itu gw bersyukur banget ada yang peduli sama gw, jujur gw emang ngga banyak main ya sama anak anak angkatan, gw sering mainnya sama kakak kelas , ngga tau gw nyaman aja, gw membutuhkan sosok kakak , impian gw adalah gw mau punya kakak.. karena gw anak pertama yang ngga ngerasain indahnya punya kakak, awal gw kenal sama kakak kelas dari mos kelas 10 gw inget banget si , awalnya gw beraniin diri buat gabung ama mereka, lama lama gw enjoy banget sama mereka bahkan tiap istirahat gw justru menghabiskan waktu ama mereka klo inget itu gw suka senyum senyum sendiri , selain itu kakak kelas juga jembatan gw buat sukses , maksudnya gini, gw smp dulu pendiem bgt bgt .. sejak sma gw di luar kelas banyak ngoceh.. dan bahkan ngga bisa diem, support dari mereka sangat amat berarti bagi gw, gw enjoy dengan dunia keorganisasian juga awalnya karena mereka, walaupun awal awal gw lemah banget banget banget , gw ikut pecinta alam.. pas gw masih belom dapet nomor anggota gw lemah banget, tiap nanjak pasti ada aja kejadian entah itu ngedrop atau pingsan padahal sebelumnya gw ngga kenapa napa,.. tapi gw salut sama mereka si, mereka sabar banget nuntun gw bahkan sampe puncak.. walaupun ada rasa menyesal ya dalam diri gw kenapa si gw harus ngalamin ngedrop atau yg lainnya, tapi itulah yang bikin gw bangkit dan dari situlah gw punya niat, kalo sampe gw punya adek kelas gw mau memperlakukan mereka seperti apa yang kakak kelas gw lakukan ke gw .. gw bakal sayang sama mereka, ngga bakal ninggalin mereka, nuntun mereka, ada di saat merekaa susah atau seneng pokoknya semuanya dan di detik detik gw lulus sma pun banyak support dari mereka yang memotivasi gw untuk tidak cepat putus asa, banyak nasehat mereka yang membuat gw lebih baik lagi dan gw sangat berterimakasih sama kakak kakak yang udah bantu gw, jangan kapok kapok ya kak hehehe.. maka dari itu setiap gw kenal sama kakak kelas atau orang yang umurnya lebih tua di atas gw sekalipun entah itu di dalam atau di dalam lingkungan gw, gw ngga akan ngelepas mereka, meski baru kenal mereka sedetik pun bagi gw mereka itu adalah orang orang yang sangat berharga buat gw bahkan sampai di dunia kuliah pun gw menerapkan hal yang sama .. mau mereka mikir apa tentang gw , gw bakal selalu berusaha untuk tetap jadi bagian dari mereka, karena sekalinya gw masuk ke sebuah lingkungan gw ngga akan ninggalin lingkungan itu 🙂 .. gw ngerasain kasih sayang seorang kakak itu mulai dari sma, hidup gw amat sempurna .. dan gw di kuliahan jadi punya prinsip, gw ngga akan ninggalin orang orang yang udh masuk ke dunia gw walau hanya sedetik, entah itu kakak kelas atau siapapun karena gw sayang amat sama mereka:) bukan gw membangga bangakan kakak kelas ya cuma mereka awal gw meraih kesuksesan  .. di bawah ini gw bakal naro beberapa memory tentang kebersamaan gw sama kakak kakak kelas gw ..

.1458441238927.jpg.1458441236098.jpg.1482487626643.jpg.1484989193329.jpg.P_20160430_115036.jpg.1470474752787.jpg.P_20160430_120138_BF.jpg

 

.P_20160430_120127_BF.jpg.P_20160430_120852_BF.jpg.P_20160430_120202_BF.jpg.C360_2016-08-06-13-44-11-499.jpg.PicsArt_03-04-04.23.09.jpg.C360_2016-04-30-17-38-39-679.jpg.1461881061454.jpg.1461881064646.jpg .1459665551697.jpg11141601_685964574859774_87462085_o.jpg

10653481_577747295681503_5309632838570767299_n.jpg11271733_705669009555997_1042835386_o.jpg

11254684_705669029555995_1573988630_o.jpg11229507_705668869556011_1949272687_o (1).jpg

11269626_705668802889351_1816078353_o.jpg

11242185_705669182889313_1601140857_o.jpg11264190_705669102889321_2051990421_o.jpg11245722_705668916222673_1131578734_o.jpg

 

11268359_705669602889271_1108211065_o.jpg11242172_705668746222690_512525449_o.jpg11245454_703163849806513_508003675_n.jpg

10978606_654369654685933_3666803038742589669_n.jpg13094142_886885811434315_7241702915339739445_n.jpg13095946_886818191441077_8066514380400751639_n.jpg

Waktu demi waktupun berlalu satu persatu angkatan kakak kelas gw mulai lulus sampai akhirnya impian gw punya adek kelas pun terwujud dimana gw kelas 11 .. dan disitulah gw membuktikan bahwa janji gw diatas gunung tepatnya april, pada saat pengambilan nomorpun gw wujudkan , gw bener bener masuk ke dunia mereka ngga peduli orang mau mikir gw seperti apa, gw ngga peduli omongan tmn tmn gw saat itu apa tapi pas awal masuk gw udah catuh hati sama adek adek kelas gw, gw bener bener anggep mereka kayak adek gw sendiri, gw berusaha ngehibur mereka kalo mereka lagi sedih gw selalu berusaha bantu mereka kalo mereka lagi susah ,w buktiin kalau semua itu w tepatin, untuk pertama kalinya w menucapkan janji di atas ketinggian, gw ngga mau adek kelas gw terlena, gw sayang amat sama mereka, gw bukan semata karena janji tapi karena emang gw bener bener sayang sama mereka:) , mereka adalah semangat gw , gw seneng mereka nganggep gw, gw bangga punya mereka, apapun bakal gw lakuin buat mereka asal mereka bahagia walaupun gw udh lulus sekalipun, gw lagi jatoh mereka yang ada buat gw, gw lg ngedrop mereka yang ada buat gw, gw bersyukur punya mereka 2 tahun yang indah buat gw punya adek kelas kayak mereka , i love you all.. ngga ada yg bisa gw bilang selain gw sangat bersyukur, dan makasih kalian udh mau jadi penopang gw klo gw lg jatoh .. kalian ngajarin gw kasih sayang, cinta,kebersamaan dan banyak hal yang ngga bisa gw lupain deh pokoknya :).. gw sayang mereka demi apapun itu lebih dari apapun emang si awalnya gara gara di atas gunung tapi lama kelamaan gw jatuh hati sama mereka .. karena kebersamaan lah yang bisa menyempurnakan rasa ini sama kalian.. apapun yang kalian pikirin tentang gw gw akan selalu sayang sama kalian ..jgn kapok kapok ya sama kakak kelas mu ini wkwkwkw..buat adek adekku yang sekarang lagi berjuang , tetep semangat kalian apapun yang terjadi jangan pernah nyerah, ikhlasin apapun yang terjadi allah ngga liat hasil kok tapi liat usaha kalian, gw yakin kalian bisa dan mampu, tutup kuping kalian yang bikin kalian ngedown ya.. kalian pasti bisa lewatin ini semua, gw bakal selalu ada buat kalian kapanpun kalian butuh … gw ngga mau denger ada yang sedih ya.. buat adek kelas ku yang sekarang kelas 11 nikmatin masa masa kalian ya , karena masa masa ini ngga akan keulang 2 kali, ikutin alur aja jangan mikir macem macem , gw sayang juga sama kalian .. makasih selama gw jadi kakak kelas kalian , kalian udh welcome banget sama gw, gw bersyukur bisa jadi kakak kelas kalian , ngebimbing kalian .. seneng bgt, gw seneng bisa jadi kakak di pecinta alam, gw seneng bisa nanjak sama kalian gw inget banget banyak tawa dan canda yang kita alamin dari mulai di teronton , di perjalanan, pas di jalan kecil pas ada sungai yang kita pisah rombongan kalian nyanyi , nanya masih jauh apa ngga ada yang ngelawak sampe pengalaman gw dimana sepatu gw jebol wkwkwkw.. di suruh galak tp gw ngga bisa galak -.- .. pokoknya semua memori indah tentang kalian pasti ngga bisa gw lupain.. kalian ngajarin gw banyak hal.. karena kalian gw jadi tau rasanya punya adek yang sayang sama gw, gw jadi tau gmn rasanya ngemong adek, kalian nemenin gw pokoknya semua.. gw sayang kalian hari ini, besok, lusa, minggu depan, bulan depan, tahun depan pokoknya selamanya .. dimanapun kalian berada gw sayang sama kalian.. makasih udah ada buat gw di saat gw merasakan sakitnya patah hati wkwkw… makasih kalian udh sabar ngehibur gw, nuntun gw semuanya deh pokoknya .. kalian tau itu saat saat terberat gw. dan gw sedih banget di detik detik gw lulus karena apa? karena gw harus ninggalin kalian dan gw ngga nyangka saat itu ada beberapa dari kalian yg nangis sangking sedihnya mau pisah:( dan makasiih banget bunga bunganya ya .. :). makasih ya semua .. 🙂 .. sukses buat kalian..

.P_20160812_150926.jpg.P_20160812_151108.jpg

 

.P_20170314_201531.jpg.P_20170314_201536.jpg.P_20170314_201459.jpg.P_20170314_201507.jpg.P_20170314_201524.jpg.P_20170314_200721.jpg

18342578_1205789639543929_8425233169116064799_n.jpg18341939_1205789512877275_4145700434489795639_n.jpg

18342578_1205789639543929_8425233169116064799_n.jpg18403452_1205789249543968_6643316772916557746_n.jpg18342632_1205789106210649_5725734263121618504_n.jpg18952582_1232201490236077_3080140704686096203_n.jpg.1456608459904.jpg

Dan yang terakhir …. temen temen seangkatan gw , gw bersyukur bisa kenal mereka , beberapa dari mereka ngajarin gw apa arti temen yang sebenernya , gw jadi tau siapa aja yang ada buat gw di saat gw susah atau seneng, siapa aja yang ninggalin gw dan ada buat gw di saat gw lagi sukses, dan di masa sma juga gw ngerasain pertamakali apa arti jatuh cinta dan patah hati yang bikin gw lebih dewasa lagi, di sini juga gw bisa dapet sahabat dan jujur gw bergaul rata rata sama cowok cowok kalo di angkatan gw, ada satu hal yang menyebabkan gw ngga bergaul dengan ….. , gw takut , takut disakiti untuk kedua kalinya, takut di kecewakan takut engan temen temen yg to face, ya mungkin pasti ada ya, tapi gw harus bisa menyikapi itu , ada saatnya gw bergaul dengan org org tertentu , awalnya mungkin gw main sama semua sampe akhirnya mereka memperlakukan gw yg ngga gw kira si.. ya tp gw bersyukur dengan mereka memperlakukan gw kayak gt gw , gw jadi bijak, gw jadi nemu temen yang sebenernya , yg gw salut adalah disaat gw lagi jatoh ada temen temen yang ada buat gw , yg bantu bangkitin gw, yg semangatin gw, gw bangga bisa punya temen temen cowok kayak kalian , yg mungkin bakal baca blog gw ini, gw mau bilang makasih ya.. kebaikan kalian bener bener ngga ternilai, gw salut di saat gw netesin air mata kalian selalu bilang orang kayak mereka ngga usah di tangisin ! lu masih punya kitaa kok, kita ada buat lu kapanpun lu butuh kita bakal bantu, klo istirahat lu ke kelas kita aja, kita main bareng, kita belajar bareng .. 3 tahun yang sangat indah bagi gw sama kalian, 1 tahun terakhir di saat gw dapet cobaan kalian lah yang nuntun gw.. dan gw seneng bgt gw di ajak belajar sama kalian , berjuang bareng sama kalian gw ngerasain bgt tulusnya pertemanan kalian.. di saat gw nangis kalian hibur gw… ya ini yg gw speacheless bgt klo inget masa sma.. kalian emang bener bener temen gw… kalian ngga mandang gw dari fisik.. gw berharap pertemanan yang kayak gini yang bakal bertahan lama.. kalian bantu ngobatin hati gw wwkwkw.. kalian yg bikin gw kuat lagi… gw kangen main bola di kelas sama kalian, meja patah gara gara-.- …. sumpah gw ngakak bgt klo inget itu…  makasih kalian udh mau ngerangkul gw.. kalian temen temen cowok yg paliiiiiing hhhhh… ngga bisa gw jelasin deeh … dan buat temen temen gw yang lain yg ngga bisa gw sebutin di sini, makasih kalian udh ngukir luka di hati gw yang ngajarin gw apa itu arti kesabaran, apa arti keikhlasan, apa arti kehilangan apa arti teman , apa arti cobaan, gw bersyukur kenal kalian.. makasih udh ada di hidup gw… gw sayang kalian.. makasih udah melukis dan mengisi masa masa sma gw…. gw bangga punya kalian….. sukses ya kuliahnya semua dan buat temen main gw jgn lupakan kenangan yg pernah kita lewati ya … gw tau ini ngga bakal keulang.. tp ini akan jadi cerita indah di masa yang akan datang ..19665554_1253359158120310_6139030207690197693_n.jpg19621010_1252675078188718_5749824683282901157_o.jpg

19598730_1253359094786983_995188651390296694_n.jpg19397035_1242904435832449_2319722358893215318_n.jpg19466738_1252671108189115_7180797647442259854_o.jpg19748738_1259056474217245_1617990430637090499_n (1).jpg19894809_1259055084217384_4574968863636329174_n.jpg18402668_1205789299543963_3978235132705715890_n.jpg18342496_1205789736210586_4537723878538222555_n.jpg16587238_1121754634614097_6047024714264471609_o.jpg

14884488_1016882401767988_4064960759335991171_o.jpg19621088_1252668641522695_2005520305347736638_o.jpg20449353_1279716742151218_1103206600983306675_o.jpg18402983_1205789909543902_8767650349990783270_n.jpg19657406_1253359004786992_646062615751453534_n.jpg18402748_1205789072877319_2524665835271963639_n.jpg18952769_1232201500236076_3940318935941075268_n.jpg.1455513434999.jpg

.1464152839848.jpg

.PicsArt_02-19-02.56.33.jpg

 

Maaf gw ngga bisa ngomong langsung ya sama kalian …. gw ngga bakal sanggup klo ngomong langsung ke kalian buat temen temen kelas gw makasih buat semuanya… makasih udh jadi temen kelas gw! sukses kuliahnya ya.. dan juga semua temen temen angkatan

.1454822894592.jpg.1454822925579.jpg.1455233811393.jpg.1455196997727.jpg.1457748833859.jpg

 

.1457776263119.jpg.1458042110248.jpg

.1459513287902.jpg

.1459513288751.jpg.1461059027827.jpg

.1464178285110.jpg.1466002030977.jpg.1469005044297.jpg.1470999001840.jpg.1469715713983.jpg.1469797999936.jpg.1474623853888.jpg.1473775954020.jpg.1475276021606.jpg.1476968978152.jpg.1475276041635.jpg

.1476968978152.jpg.1477624980143.jpg

.1458095049012.jpg

18446527_1205789409543952_7697454074682527819_n.jpg

18446595_1205789462877280_1639386006537968138_n.jpg

makasih kalian semua nya kakak kelas ku adek kelas ku temen temenku sudah menciptakan kenangan indah dan udh bikin gw jadi manusia yg lebih baik lagi dari pada sebelumnya gw bangga bisa kenal kalian sekali lagi maaf klo gw nyampeinnya lewat blog … maaf ya kakak kakak dan adik adik serta temen temen klo ada kata kata yg ngga berkenan .. sukses buat kalian!! biarlah ini menjadi sebuah cerita …

Iklan

doa yang terkabul lebih dari indah

Awalnya gw mikir kenapa doa doa gw yang gw minta masih allah tahan.. awalnya gw emang putus asa banget karena usaha gw selama ini gagal, tapi gw salut sama allah , allah ngasih yang jauh lebih indah dari doa doa gw dan usaha gw selama ini, memang inilah skenario allah yang begitu indah sampai aku mengaguminya, rasa putus asa gw kini telah bangkit lagi menjadi rasa semangat layaknya pendaki gunung yang sedang memulai menanjak untuk sampai ke puncak.

Gw awalnya berfikir bahwa kuliah itu mesti di PTN, hahahha semua pikiran gw salah, gw di kasih banyak teguran dari allah melalui cara caranya yang begitu mengagumkn, agw bangga dengan takdir gw yang sekarang, doa doa yang gw minta kini digantikan allah dengan yang lebih indah lagi dari yang gw bayangkan, gw bangga dengan takdir gw yang sekarang 🙂 . Awal perkuliahan tepatnya tanggal 24 juli 2017 kemarinpun di mulai, gw kuliah di binus university, awalnya gw sempet mikir gw bakal ngga enjoy , ternyata salah besar gw sangat amat enjoy banget banget banget, gw bangga jadi anak marcomm , gw ketemu baanyak temen baru, suasana baru, temen temennya asik banget, seru, gokil,kocak, ngga bisa diem semuanya paling aktif pula.. gw bangga bisa kenal kalian semua gaez, makasih buat 6 hari yang indah banget buat gw , gw udh terlanjur sayang sama kalian semua … makasih kalian udah mau jadi temen ngakak gw , temen bercanda gw, temen ngobrol gw, temen main gw .. i love you so much guyz..  hari demi hari gw lewatin bareng bareng sama kalian , sampe akhirnya hari terkahir tanggal 29 juli gw berat banget ngelangkah pulang sangking ngga mau pisah sama kalian 😦 .. intinya gw mau bilang makasih buat kalian semua , kalian nyadarin aku , kalian buka mata aku kalo dunia ini bukan sekedar itu itu aja.. masih ada hal hal yang lebih indah dari apa yang ada dipikiran gw .. Bakal kangen banget sama kalian .. semoga kita sekelas ya nanti.. gw udah terlalu nyaman sama kalian 😦 .. Kita masuk bareng,belajar bareng, lulus bareng ya !!!! 2021 insyaallah kita udah punya gelar 🙂 ..

20374767_1278013845654841_14118028494546730_n.jpg 20374617_1278013735654852_8825078874316857881_n.jpg  20375763_1277971962325696_4902249062354752854_n.jpg  20375950_1277972945658931_2669918373544863095_n.jpg  20429583_1277973015658924_6212366309461862545_n.jpg  20476404_1277971355659090_3416518344978165611_n.jpg

 

 

nah sama ini ni yang bener bener seru gw seneng banget bisa dapet kakak kakak BC(Buddy Coordinator) yang bener bener seru banget, emang si awalnya gw sempet takut heheheh tapi setelah gw ngejalanin semuanya gw jadi enjoy banget ngejalanin seminggu FEP .. banyak pengalaman seru yang gw dapet dari mereka .. Fix sih gw seneng bgt .. 5 BC yang selalu bantu gw sama temen temen gw .. ada kak irfan yang awalnya gw mikir dia kok kayak galak ya -.- .. ternyata seruu banget orangnya , gokil pula terus kak Anin awalnya gw mikir dia bakal gmn .. eeh ternyata yaallah baik banget , seruu banget ngga bisa aku deskripsiin deh ini BC favorit aku sekaligus ini mommy di kelompok aku yang ketika ada kak Metta  awalnya aku mikir kak metta itu hehehe galak eh ternyata seru bgt  asik terus ada kak don..aku mikir awalnya kak don itu juga galak ternyata baiiik bgt dan yang terakhir ada kak devita ya sama aku juga nganggep awalnya galak dan ternyata dia baik bgt juga.. gw bersyukur di kirimin kakak BC kayak mereka.. seneng bisa kenal mereka 🙂 .. Makasih ya kakak kakak udh mau sabar banget.. udah mau bimbing kita 🙂 ..  sukses terus kak!!! semoga di lancarkan semua urusannya trimakasih atas bimbingannya 🙂

 

20374744_1277970878992471_4153294698070561523_n.jpg   20431180_1277971005659125_9018083783299426360_n.jpg20525891_1277970922325800_4039814806232482820_n.jpg  20429898_1277970958992463_8452888404267399448_n.jpg  20476091_1277971052325787_3017007962786896150_n.jpg 20597063_1277971452325747_4754416789824754147_n.jpg

 

Dan satu lagi , pelajaran berharga buat gw adalah dimana allah pasti udah nyiapin kebahagiaan, meski kebahagiaan itu bukanlah dari doa doa yg gw minta melainkan allah sempurnakan lagi doa gw dari doa doa yang telah allah genggam.. allah punya cara tersendiri buat bikin gw bahagia … dan gw salut banget… layaknya pelangi yang datang setelah hujan, mungkin sebulan kemaren pas gw berjuang mati matian buat raih mimpi gw , yang gw anggap emang itu yg terbaik buat gw di mata allah tuh ngga, tapi yang terbaik buat gw ya mungkin di tempat yang sekarang .. ya terbukti banyak banget keindahan yang  gw alami .. makasih untuk semuanya ! makasih untuk takdir yang indah ini .. gw bangga banget 🙂 …. semoga ini awal dari kebaikan .. semoga ini awal dari langkah ku sama kalian temen temen baru ku… i love you so much guys.. my friends.. 🙂 welcome my new world 🙂 ..  tulisan ini gw buat mengawali masa masa perkuliahan gw, inilah dunia gw yang baru.. gw bersyukur atas semuanya 🙂

20431444_1277973038992255_4452891424714040528_n.jpg 20431285_1277971648992394_3324801231529429017_n.jpg 20376154_1277971195659106_8667841766937168749_n.jpg

20376027_1277972978992261_7518182792191691744_n.jpg 20375950_1277972945658931_2669918373544863095_n.jpg

24-29 juli 2017 :)..

Waktu yang berbicara

lama banget gue ngga nulis di blog, gue mau ngobatin kangen gw nulis di laman ini, gue terlalu sibuk sama semua impian gue sampe gue lupa bahwa dibalik mimpi gue masih banyak yang harus gue perbaiki sebelum meraih semua mimpi gue yang bisa di bilang terlalu tinggi. Jujur selama melewati masa sma gue banyak sikap gue yang seharusnya ngga gue lakuin, kesalahan gue yang paling gw sesalin sampe sekarang adalah gue terlalu mengedepankan kesenangan gue, gue terlalu santai ,nilai gue ngga terlalu bagus, gue suka bikin mudah semuanya .

Bicara tentang waktu, apa sih waktu? ya waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kita ulang lagi, ketika kita telah melakukan suatu hal , mungkin kita ngga akan bisa ngulang lagi kecuali kita memperbaikinya untuk kedepannya, dari awal gue berjuang mati matian buat dapetin satu impian gue , tapi allah berkehendak lain , mungkin tahun ini gue ngga di tempatin di sana karena gue sadar kedewasaan gue kurang dan masih banyak hal hal yang masih harus gue perbaiki untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik ketika allah memberikan mimpi yang allah masih gantungkan itu untuk gue . Banyak yang bilang gue mustahil dengan kemampuan gue yang cuma segini untuk masuk ke impian gue itu, hmm.. mungkin iya tapi faktor terbesar nya adalah restu orangtua dan rahasia yang diatas, mungkin kali ini gue ngga kesampean buat raih impian gue tapi gue yakin yang di atas lagi nyiapin rencana yang indah buat gue untuk tahun ini , yang menurutnya baik untuk gue jalankan .. ada yang nanya sama gue “lu iri ngga sama yang udah dapet ptn di luar sana?” hmm, ngga sama sekali, gue bersyukur temen temen gue udah pada dapet ptn , mungkin itu rezeki mereka dapet ptn cepet lalu orang itu nanya lagi ke gue ” kenapa lu bisa ngga iri? itu impian lu dari dulu buat masuk ptn walaupun pukan ptn impian sekalipun” ya karena buat apa kita iri sama rezeki orang lain, toh yang punya rezeki mereka bukan gue kan? kalo gue iri apa iya gue bisa dapetin rezeki yang sama kayak mereka? kalo gue bisa dapet rezeki yang sama kayak mereka apa iya dengan itu gue bakal ngeraih kesuksesan? ya sekarang yang bisa gue lakuin cuma doa doang mungkin didepan sana ada tempat yang terbaik buat gue, buat masadepan gue karena kita aja ngga tau jalan hidup kita kedepannya gimana..

Klo ditanya kenapa lu ngebet banget pengen kuliah .. karena gue ngga pengen nyusahin orang orang yang sayang dan yang selalu ada buat gue, gue mau belajar hidup mandiri, gue ngga pengen disuapin terus , gue pengen nyari beasiswa buat ringanin beban orang orang yang sayang sama gue , gue mau banggain mereka dengan usaha gue sendiri, mungkin kemampuan otak gw cuma sedikit, gw lemah klo ngomongin otak dari pada orang orang diluar sana ya gue sadar akan itu , tapi selama gue masih di kasih kesempatan kenapa ngga? orang bilang yang masuk ptn cuma orang orang pinter doang cuma orang orang yang punya uang banyak.. ngga juga , semua dapet kesempatan yang sama buat ngeraih mimpi dan cita cita kita.. banyak jalur buat ngeraih cita cita ngga cuma satu jalur doang , kalo kita mental nya udah jatoh duluan gimana yang diatas bisa percaya sama kita?

Mungkin sekarang allah masih nyimpen semua impian gue, tapi gue yakin suatu saat nanti impian gue akan dikeluarkan untuk gue , untuk apa kita menyerah ? bagi gue ini adalah batu loncatan buat gue , layaknya pendaki gunung yang sedang mencapai puncak kalo dia kepleset batu dia akan bangkit lagi untuk mencapai puncak. sekarang perjalanan gw masih di kawah gunung belom sampe puncak masih banyak rintangan yang harus gue lewatin , kata orang lu ngapain nulis kayak gini si lu ngga malu apa? hmm buat apa malu? ini cara gue buat ngapus semua rasa sedih gue, buat bangkitin semangat gue, cuma dengan menulis yang bisa bikin hati gue tenang , menulis adalah cara terbaik gue, selain buat gue tenang mungkin tulisan ini bisa jadi referensi juga buat orang lain , atau ini buat dokumen gue kalo gue udah besar nanti, gue jadi inget kalo gue pernah berjuang , gw pernah rasain betapa asiknya berjuang , gue pernah nangis karena berjuang, gw pernah tertawa karena berjuang bahkan gue banyak dapet hal karena berjuang. jadi maaf klo yang risih atau gmn ya, gue niatnya cuma mau nulis doang ngga lebih urusan kalian mau bicaraain gw atau mikir gw gmn gmn itu balik ke kalian.. tiap orang punya cara tersendiri buat ngobatin hati mereka.. buat yang di sana yang udah dapet ptn selamat ya, semoga kalian sukses!!! buat yang belom dapet percaya aja allah punya rencana kok buat kita ^_^ .. cukup dulu ya cerita gue, tunggu tulisan tulisan selanjutnya dari gue ya… makasih, maaf kalo ada yang ngga berkenan ^_^

 

“Pengalaman Bagaikan Pelajaran Berharga”

Akhirnya blogku  aktif lagi, ngga terasa lama banget aku ngga nulis disini.Kangen rasanya menulis di sini , maka dari tu hari ini aku akan membagikan sedikit cerita tentang pengalamanku yang kujadikan ini sebagai penghias, penghiburku.Jujur aku bersyukur dilahirkan kedunia ini karena ada 5 hal yaitu pengalaman, teman/adekkelas/kakak kelas,orangtua,kesenangan dan kesedihan .Kenapa 5 hal itu yang membuat aku bersyukur? iya karena kelima hal itu yang membuatku semakin dewasa dari hari kehari, walaupun ada hari di mana aku ngedown bgt di situlah aku tau yang mana yang temenan atau mau bergaul denganku tulus dan aku bersyukur karena disinilah ujian yang diberikan allah aku jadi tau berapa banyak yg tulus sama aku . Dan pengalaman , disinilah aku bangga hidup di dunia karena aku diberi banyak pengalaman oleh allah , jujur aku memang bukan pecinta alam yang sesungguhnya dan blm bisa di bilang pecinta alam, jujur dalam langkahku masih banyak yang belom sempurna tapi aku mengingat beberapa hal dari pengalaman menanjak bersama mereka yang hebat. Aku mau flashback dari awal aku masuk , aku masuk kurang lebih 2 tahun yang lalu , penanjakkan pertama adalah ke kawah ratu gunung salak , mungkin ada beberapa kejadian yang tak terduga tapi aku ngga nyesel ikut karena aku tau siapa yang bener bener jiwa kebaikannya ada dan aku jadi menetapkan kalau aku jadi kakak kelas aku harus bisa melindungi adek adekku kelak . Dan pada saat pengambilan nomor hal yang paling di tunggu tunggu itu datang akhirnya bener bener aku punya nomor salah satu impian ku di sekolaha dalah masuk pecinta alam dan punya nomor dan ternyata itu terwujud dengan tekat dan kerja keras walaupun banyak rintangan .

 

Dan yang di tunggu tunggu pun tiba di mana ada angkatan baru yang masuk dan di situ aku merasakan bahwa di sinilah duniaku yang sebenernya , mereka itu ngga bisa aku deskripsiin satu satu tapi yang terpikirkan oleh ku mereka itu baik,solid,asik dan aku seneng itu , di perjalanan kali ini aku jadi lebih kuat aku jadi lebih semangat dan dengan canda tawa mereka aku bisa sampai tujuan.di sini aku merasakan mereka adalah adek adekku. semua ketegangan berubah menjadi canda dan tawa bersama mereka , jangankan mau marah , mau tegang aja ngga bisa  tiap perjalanan ada aja candaan .Ya mungkin ngga cuma di pecinta alam terjadinya di acara camp  terbukti angkatan mereka sangat solid, walaupun ada yang ngga pernah ikut pecinta alam tapi jiwa kebaikkannya tuh ada , aku bukan bangga banggain tapi emang ini kenyataannya . Bukan hanya adek kelas kakak kelas pun sangat baik kalau aku lagi sedih kadang mereka yang hibur aku , kalau aku lagi kesusahan mereka yang bantuin aku makasih semua aku sayang kalian semoga semua ini ngga terhenti sampe sini ya  , mungkin ini yang dinamakan semua kebaikan tidak akan sia sia, aku bersyukur punya kakak kelas dan adek kelas seperti mereka, mereka yang sangat ngga bisa aku deskripsiin , Kini aku yang menjadi kakak kelas yang seharusnya melindungi adekkelas layaknya mereka yang dulu ngelindungi dan ngehibur aku dan semoga dengan semua ini akan memperlancar langkahku dalam menghadapi semua ujian , baik itu US,UTS,UAS,UN,SBMPTN,SIMAK UI semua… semoga ngga ada halangan amiiiiiin… mungkin ini sedikit kisahku yang bisa ku bagi. Trimakasih maaf kalau ada yang kurang berkenang 🙂

PERJALANAN SEPANJANG G.SALAK

 

Baru kali ini saya aktif dalam blog saya kembali, dan kali ini saya akan membagikan cerita ketika saya dan teman teman saya melakukan perjalanan kembali ke gunung salak ,pasir ringgit .

(12 FEBUARI 2016)

Dengan tujuan diklat tanwana 2016 angkatan 3 , di perjalanan ini yang ikut adalah angkatan 3(sebagai peserta) dan angkatan 2 tanwana(sebagai panitia ) serta pembina dan juga guru pendamping .Angkatan 3 yang ikut diantaranya (Azis,Rayhan,Shofwan,Abe,Damar,Ikhlas,Afif,Nazla,Suri,Aulia dan juga Marwa) serta angkatan 2 yaitu ( Fian,Hirza,Miqdad,Taqwa,Ali,Fadhil,Haidar,Firda dan juga icha ) serta pembina tanwana yaitu Bang dadan dan juga guru pendamping yaitu Pak adi,Miss susi dan juga Miss erna .Jam menunjukkan pukul 5.00 sore semua yang ikut dalam perjalanan ini mulai berkumpul dan mulai packing ulang .

C360_2016-02-21-06-35-00-109

Setelah semua sudah mempacking ulang kita pun langsung melaksanakan shalat maghrib dan setelah itu makan malam lalu kita pun melaksanakan shalat isa , lalu setelah semua selesai . Kitapun langsung bersiap siap melakukan perjalanan menuju gunung salak , tapi sebelum saya dan teman teman serta adik kelas menuju teronton ada sambutan terlebih dahulu dari pembina tanwana dan juga sambutan dari perwakilan sekolah , di sekolah juga kita kedatangan beberapa kakak kelas di antaranya kak naufal,kak lanang,kak vendra,kak rafif,kak fahmi dan juga kak ayyas yang juga membantu para angkatan 3 untuk packing . Setelah rangkaian acara selesai waktu menunjukkan pukul 9.00 malam dan kami pun langsung bergegas menuju teronton untuk melanjutkan perjalanan namun angkatan 1 (kak fahmi dan kawan kawan ) serta perintis( kak vendra) tidak bisa bergabung untuk bergabung .

Perjalanan yang di tempuh untuk mencapai lokasi kurang lebih 4-5 jam . Di sepanjang perjalanan banayk kejadian yang lucu .. ada aja yg bisa bikin ketawa .Tapi ada juga yang tidur sepanjang perjalanan sangking kecapean di teronton . Dan tak terasa akhirnya kita sampai di lokasi pada pukul 1.00  pagi kami pun langsung naik ke atas untuk mencari tempat beristirahat sejenak .

1455531295324

Dan akhirnya kita menemukan warung untuk beristirahat terlebih dahulu . Kami beristirahat dari jam 1.00-5.00 , setelah semua cukup beristirahat kami langsung segera menunaikan ibadah shalat subuh lalu kita langsung makan pagi bersama setelah itu kita langsung melaksanakan olahraga pagi yang di pimpin oleh fian

1455531340920

(13 FEBUARI 2016)

Setelah semua selesai kita pun langsung bersiap siap melanjutkan perjalanan  jam 8.00 pagi, namun ketika ingin elanjutkan perjalanan sepatu saya ternyata rusak , tapi saya memaksakan untuk menggunakannya sampai ke camp ,dalam diklat tahun ini terdapat 3 kelompok kelompok nya di antaranya :1 aulia,damar,shofwan 2. nazla,marwa,azis,ikhlas dan abe 3. suri,rayhan dan afif . Aturan perjalanan selama di sana adalah jalan perkelompok dari kelompok 1 lalu kelompok 2 dan yang terakhir kelompok 3 suri,rayhan dan ikhlas. Dan juga panita di bagi menjadi 2 yaitu sweeper dan yang membuka jalan ke tempat camp .Yang menjadi sweeper adalah saya,haidar,fadhil,taqwa,ali,pak adi,miss erna dan miss susi dan juga yang membuka jalan ada bang dadan hirza,icha,fian dan juga miqdad .

Akhirnya kita pun berjalan sesuai alur . 1 jam berjalan akhirnya kita beristirahat di suatu trempat dan memanfaatkan untuk berfoto dan memakan buah yg ada di sana

Setelah puas beristirahat kita pun melanjutkan perjalanan Tetapi  pada saat perjalanan tiba tiba sweeper dan yang membuka jalan tiba tiba menjadi satu .. yaitu menjadi sweeper semua sedangkan kelompok 1 dan 3 bersama bang dadan . sedangkan kelompok 2 serta pak adi .

1456042400004

pada saat semua menyampur ada beberapa jalur yang melewati sungai dan di situ kita memanfaatkan untuk mengambil minum dan sempat bermain air juga, setelah puas akhirnya kita melanjutkan perjalanan dan akhirnya fian dan miqdad menyusul rombongan bang dadan. Dan pada saat berhenti saya sempat berganti sepatu menjadi sandal .. namun saya pakai sendal pak adi karena sendal saya sendal jepit … tapi tidak lama kemudian saya berganti sandal menjadi sendal saya sendiri . tidak lama kemudian aulia terbeset daun tajam dan akhirnya kita berhenti sejenak untuk mengobatinya  setelah itu kita melanjutkan perjalanan lagi . Selama perjalanan pasti ada aja pembahasan yg di bahas entah sepatu -.- entah ada yg nanya berapa jam lagi sampenya .. sampe nyanyi nyanyi -.- .. pada saat itu sweeper bersama kelompok 2 dan 1 yaitu damar,shofwan,aulia,nazla,marwa,azis,ikhlas dan abe .. kami terus berjalan waktu menunjukkan pukul 10.00 pagi namun kita baru setengah jalan dan sampai akhirnya kita sampai ke camp pada pukul 1.00 siang .di sana kita langsung beres beres cerrier, istirahat sejenak dan bergegas mendirikan tenda terlebih dahulu

1455518436454

1456042432356

setelah mendirikan tenda kita langsung melaksanakan shalat dzuhur ,setelah itu di lanjutkan dengan upacara pembukaan

1456043195751

setelah semua kelar baik panitia ataupun peserta langsung makan

Setelah semua selesai peserta di berikan waktu istirahat dari jam 2.00 -5.00 sore sedangkan panitia mempersiapkan acara selanjutnya sambil minum teh hangat dan sejenisnya .. namun keadaan hujan tidak memungkinkan melanjutkan acara dan pada saat itu para perempuan peserta turun dan kedinginan .. mereka langsung di suruh segera menghangatkan badan dan makan .. tapi karena marwa tidak memungkinkan untuk tidur di bifak akhirnya dia di aihkan di tenda darurat . Dan pada saat acara tiba tiba ada beberapa kakak kelas yang menyusul ke gunung salak untuk membantu jalannya acara . Akhirnya para pesertapun diberikan waktu istirahat berhubung hujan , sambil masak juga . Dan waktu menunjukkan pukul 9.00 para peserta di perbolehkan untuk beristirahat dan panitia saling berjaga .. tidaka da yang tidur .. dan saya sendiri juga tidak tidur untuk menjaga marwa.. dan setelah lama beristirahat jam menunjukkan pukul 3.00 pagi semua peserta di bangunkan untuk materi rohani dan jasmani di pagi hari sampai jam 5.00 pagi setelah semua kelar semua langsung bergegas untuk shalat subuh dan bergegas packing untuk melanjutkan perjalanan ke kawah ratu dan melakukan olahraga pagi sejenak.

1456045334696

Setelah itu kita langsung melanjutkan perjalanan ke kawah ratu (14 FEBUARI 2016).. perjalanan yang ditempuh 30 menit sampai 1 jam perjalanan

sesampainya di sana kita langsung melaksanakan upacara penutupan dan di berikan waktu bebas kurang lebih 1 jam

Setelah puas berfoto , berhubung cuaca hujan kita segera turun dan kembali ke tempat awal keberangkatan .. waktu yg di tempuh sebanyak 5 jam .. awalnya yang menjadi sweeper bersama kelompok damar dan ikhlas  adalah ali,taqwa,saya,haidar dan fadhil sisanya di depan ..tapi pada saat perjalanan bertemu dengan miqdad dan fadhil akhirnya kita melanjutkan perjalanan . jam menunjukkan pukul 2.00 dan kita baru setengah jalan dari tempat camp .. dan akhirnya semua memutuskan untuk berhenti sejenak untuk minum dan makan coklat terlebih dahulu .  setelah cukup akhirnya semua melanjutkan perjalanan dan pada saat perjalanan kita bertemu dengan angkatan 2 yang lainnya yaitu hirza dan fian . Pada saat itu kami sempat tersesat dikarenakan kami pikir kami salah jalur .. tapi kami tetap melanjutkan perjalanan .. kami terus berjalan sampai akhirnya sampailah kami di pintu awal keberangkatan kami sampai bawah pada pukul 4.00 sore . Dan setelah sampai kami langsung MCK dan setelah itu menuju teronton . Waktu perjalanan kurang lebih 4-5 jam .. kami sampai di sekolah pada pukul 20.00 malam . Program diklat tahun 2016 berjalan dengan lancar sesuai keinginan tanpa kurang satupun . Saya sangat bersyukur dapat ikut turut serta dalam acara ini, acara ini memberikan banyak pelajaran dan pengalaman baru untuk diri saya sendiri untuk menjadi seorang manusia yang lebih baik kedepannya walaupun di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna melebihi yang maha kuasa. Saya menjadi lebih menghargai hidup , semua ini akan menjadi memmory yang takkan terlupakan sampai kapanpun. semoga kita semua kedepannya bisa menjadi orang yang lebih baik lagi … AMIIN!!!!.. #HIDUPKITAADALAHYANGTERBAIK…..

#CINTAILAHALAM

 

Berawal Dari Setangkai Bunga Mawar

Lama tidak aktif dalam penulisan blog ini membuat saya ingin menulis suatu hal mengenai sebuah bunga mawar. Mawar siapa yang tidak tau bunga mawar? pasti kalian tau bunga mawar . Bunga itu adalah bunga yang diminati banyak orang .  Bunga mawar merupakan tanaman dari Ordo Rosanales sangatlah pantas menyandang julukan si “Ratu Bunga” karena hampir semua orang menyukai dan mengenal mawar. Warna bunganya  yang cantik menawan dengan aneka ragam warna warni seakan menghidupkan suasana taman menjadi semarak, ditambah lagi pesona harumnya yang semerbak wangi.

Kita dapat belajar dari setangkai bunga mawar. Dia hanyalah bunga namun banyak orang berbondong bondong untuk mendapatkan semua itu. Sama halnya dengan hidup kita harus menjadi seseorang yang berguna bagi banyak orang agar orang orang mengenal kita dengan baik bukannya dikenal tidak berguna dan menjadi sampah masyarakat . Mawar memiliki bau wangi . Dan kita mungkin tidak memiliki bau wangi seperti apa yang dimiliki oleh bunga mawar, tapi kita pasti bisa menjadi seperti bunga mawar yang wangi . Maka dari itu banyak lah kita mencari ilmu .Manfaatkan semua yang telah di berikan oleh sang pencipta dengan sebaik baiknya seperti seseorang yang kita temui dari kita kecil bahkan sampai sekarang . Meski rupanya berbeda beda namun ketulusan mereka sama , maksud dan tujuan mereka adalah membuat kita sukses di masa depan . Dia adalah Mawar yang kita temui ketika kita mencari ilmu

images-6.jpg

imgres-2.pngimages-1.jpg

Jika kalian ingat Ki Hadjar Dewantara beliau adalah bunga pertama yang menebar harumnya pendidikan di indonesia tercinta ini. Tanpa adanya beliau kita para generasi penerus ini ngga akan bisa untuk mencari ilmu beliau mendirikan taman siswa yang menjadi gerbang utama pencarian ilmu yang didirikan pada tanggal 3 Juli tahun 1922 diYogyakarta (Taman berarti tempat bermain atau tempat belajar, dan Siswa berarti murid).Pada waktu pertama kali didirikan, sekolah Taman Siswa ini diberi nama “National Onderwijs Institut Taman Siswa”, yang merupakan realisasi gagasan beliau bersama-sama dengan teman di paguyuban Sloso Kliwon. Sekolah Taman Siswa ini sekarang berpusat di balai Ibu Pawiyatan (Majelis Luhur) di Jalan Taman Siswa, Yogyakarta, dan mempunyai 129 sekolah cabang di berbagai kota di seluruh Indonesia.

imgres.pngimgres-1.png

Ketika Taman Siswa itu berdiri bagaikan bunga mawar yang mulai tumbuh dan berkembang yang menebar banyak bau harum yang membuat orang orang hebat bermunculan satu persatu . Sosok Bunga Mawar yang hadir di tengah tengah kita sekarang ini adalah orang yang iklas .Dialah Mawar yang selalu memberikan kebahagiaan serta keceriaan untuk kita semua , murid murid beliau . Meskipun kita lulus sekalipun kita akan menjadi bibit bunga mawar yang akan menebar keharuman untuknya kelak dan untuk banyak orang jadi mulai sekarang hormatilah sosok yang satu ini karena beliau adalah salah satu sosok yang berjasa untuk kita semua . Mulai lah menghargai mereka yang telah membantu kita

images-3.jpgimages-2.jpg

SELAMAT HARI GURU UNTUK GURU GURU DI SELURUH INDONESIA- 25 NOVEMBER 2015

images-4.jpgimages-5.jpg

Resensi Novel Sang Pemimpi

kali ini saya akan membahas tentang resensi novel sang pemimpi yang cukup  menyadarkan diri saya . Berikut ini resensinya

sang-pemimpi

1. Identitas Buku

Judul : Sang Pemimpi

Penulis : Andrea Hirata

Penerbit : PT Bentang Pustaka

Halaman : x + 292 Halaman

Cetakan : ke-14, januari 2008

2. Pratinjau

Luar biasa. Begitulah kesan yang tersirat setelah membaca buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini. Bagaimana tidak? Alur cerita dan gaya bahasa yang disuguhkannya mampu dikemas begitu apik dari awal hingga akhir. Ditinjau dari segi intrinsiknya, novel ini bisa dibilang hampir tanpa cela. Sebab di setiap peristiwa, Andrea dengan cerdas menggambarkan karakteristik dan deskripsi yang begitu kuat pada tiap karakternya. Sehingga pembaca bisa dengan mudah menafsirkan arah jalan ceritanya. Bahasanya pun sangat memikat, dengan dibumbui ragam kekayaan bahasa dan imajinasi yang luas. Novel ini memiliki kekayaan bahasa sekaligus keteraturan berbahasa Indonesia. Dimulai dari istilah- istilah saintifik, humor metaforis, hingga dialek dan sastra melayu bertebaran di sepanjang halaman. Mulanya, cerita ini lebih bernuansa komikal dengan latar kenakalan remaja pada umumnya. Canda tawa khas siswa SMA sangat kental. Namun lebih dalam menjelajahi setiap makna kata demi kata, terasalah begitu kuat karakter yang muncul di tiap-tiap tokohnya. Terlebih saat Andrea membawa kita ke dalam kenyataan hidup
yang harus dihadapi tokoh Ikal yang mimpinya seakan sudah mencapai titik kemustahilan, dan dengan sensasi filosofis Andrea kembali membangkitkan obor semangat meraih mimpi dan menekankan begitu besarnya kekuatan mimpi Ikal yang akhirnya dapat mengantarkannya ke Sorbonne, kota impiannya.

Selain menggambarkan betapasuperpower-nya kekuatan mimpi, pada
novel ini Andrea juga mencitrakan kebijaksanaan seorang ayah yang begitu besar. Pengorbanan dan ketulusan seorang ayah dalam mendukung mimpi anaknya di tengah keterbatasan hidup menjadikan semangat tak terbeli bagi Ikal dan Arai dalam menggapai impiannya. Disinilah cerita mulai berevolusi menjadi balada yang begitu mengharu biru. Kesabaran seorang ayah dan rasa sayang seorang anak yang luar biasa besarnya kepada sang ayah menyempurnakan novel ini menjadi bacaan yang begitu kolosal dan sarat akan pesan-pesan moril.

Angkat topi untuk Andrea Hirata yang telah berhasil membuat suguhan
kisah yang kental dengan budaya melayu namun sangat cerdas dan
saintifik. Tak hanya bisa membuat seseorang kembali membangun mimpi- mimpinya, novel ini juga bisa menambah rasa hormat kita kepada sang ayah dan mencintainya dengan tulus meskipun di tengah kondisi yang
sangat terbatas.

3. Isi

1) Unsur Intrinsik

  • Tema

Tema yang tersirat dalam novel Sang Pemimpi ini tak lain
adalah “persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi
kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi
atau pengharapan”. Hal itu dapat dibuktikan dari penceritaan
per kalimatnya dimana penulis berusaha menggambarkan
begitu besarnya kekuatan mimpi sehingga dapat membawa
seseorang menerjang kerasnya kehidupan dan batas
kemustahilan.

  • Latar

Dalam novel ini disebutkan latarmya yaitu di Pulau Magai
Balitong, los pasar dan dermaga pelabuhan, di gedung bioskop,
di sekolah SMA Negeri Bukan Main, terminal Bogor, dan Pulau
Kalimantan. Waktu yang digunakan pagi, siang, sore, dan
malam. Latar nuansanya lebih berbau melayu dan gejolak
remaja yang diselimuti impian-impian.

  • Penokohan dan Perwatakan

Ikal : baik hati, optimistis, pantang menyerah, penyuka Bang Rhoma

Arai : pintar, penuh inspirasi/ide baru, gigih, rajin, pantang menyerah

Jimbron : polos, gagap bicara, baik, sangat antusias padakuda
Pak Balia : baik, bijaksana, pintar
Pak Mustar : galak, pemarah, berjiwa keras
Ibu Ikal: baik, penuh kasih sayang

Ayah Ikal : pendiam, sabar, penuh kasih sayang, bijaksana Dan tokoh lain Mahader, A Kiun, Pak Cik Basman, Taikong
Hanim, Capo, Bang Zaitun, Pendeta Geovanny, Mak cik dan
Laksmi adalah tokoh pendukung dalam novel ini.

  • Alur

Dalam novel ini menggunakan alur gabungan (alur maju dan
mundur). Alur maju ketika pengarang menceritakan dari mulai
kecil sampai dewasa dan alur mundur ketika menceritakan
peristiwa waktu kecil pada saat sekarang/dewasa.

  • Gaya Penulisan

Gaya penceritaan novel ini sangat sempurna. Yaitu kecerdasan
kata-kata dan kelembutan bahasa puitis berpadu tanpa ada
unsur repetitif yang membosankan. Setiap katanya
mengandung kekayaan bahasa sekaligus makna apik dibalik
tiap-tiap katanya. Selain itu, Novel ini ditulis dengan gaya realis
bertabur metafora, penyampaian cerita yang cerdas dan
menyentuh, penuh inspirasi dan imajinasi. Komikal dan banyak
mengandung letupan intelegensi yang kuat sehingga pembaca
tanpa disadari masuk dalam kisah dan karakter-karakter yang
ada dalam novel Sang Pemimpi.

  • Amanat

Amanat yang disampaikan dalam Sang Pemimpi ini adalah
jangan berhenti bermimpi. Hal itu sangat jelas pada tiap-tiap
subbabnya. Yang pada prinsipnya manusia tidak akan pernah
bisa untuk lepas dari sebuah mimpi dan keinginan besar dalam
hidupnya. Hal itu secara jelas digambarkan penulis dalam novel
ini dengan maksud memberikan titik terang kepada manusia
yang mempunyai mimpi besar namun terganjal oleh segala
keterbatasan.

  • Sudut Pandang

Sudut pandang novel ini yaitu “orang pertama” (akuan). Dimana
penulis memposisikan dirinya sebagai tokoh Ikal dalam cerita.

2) Unsur Ekstrinsik

  • Nilai Moral

Nilai moral pada novel ini sangat kental. Sifat-sifat yang
tergambar menunjukkan rasa humanis yang terang dalam diri
seorang remaja tanggung dalam menyikapi kerasnya
kehidupan. Di sini, tokoh utama digambarkan sebagai sosok
remaja yang mempunyai perangai yang baik dan rasa setia
kawan yang tinggi.

  • Nilai Sosial

Ditinjau dari nilai sosialnya, novel ini begitu kaya akan nilai
sosial. Hal itu dibuktikan rasa setia kawan yang begitu tinggi
antara tokoh Ikal, Arai, dan Jimbron. Masing-masing saling
mendukung dan membantu antara satu dengan yang lain dalam
mewujudkan impian-impian mereka sekalipun hampir mencapai
batas kemustahilan. Dengan didasari rasa gotong royong yang
tinggi sebagai orang Belitong, dalam keadaan kekurangan pun
masih dapat saling membantu satu sama lain.

  • Nilai Adat istiadat

Nilai adat di sini juga begitu kental terasa. Adat kebiasaan pada
sekolah tradisional yang masih mengharuskan siswanya
mencium tangan kepada gurunya, ataupun mata pencaharian
warga yang sangat keras dan kasar yaitu sebagai kuli tambang
timah tergambar jelas di novel ini. Sehingga menambah
khazanah budaya yang lebih Indonesia.

  • Nilai Agama

Nilai agama pada novel ini juga secara jelas tergambar.
Terutama pada bagian-bagian dimana ketiga tokoh ini belajar
dalam sebuah pondok pesantren. Banyak aturan-aturan islam dan petuah-petuah Taikong (kyai) yang begitu hormat mereka patuhi. Hal itu juga yang membuat novel ini begitu kaya.

4. Kelebihan dan Kelemahan

1) Kelebihan

Banyak kelebihan-kelebihan yang didapatkan dalam novel ini. Mulai
dari segi kekayaan bahasa hingga kekuatan alur yang mengajak
pembaca masuk dalam cerita hingga merasakan tiap latar yang
terdeskripsikan secara sempurna. Hal ini tak lepas dari kecerdasan
penulis memainkan imajinasi berfikir yang dituangkan dengan
bahasa-bahasa intelektual yang berkelas. Penulis juga menjelaskan
tiap detail latar yang mem-background-i adegan demi adegan,
sehingga pembaca selalu menantikan dan menerka-nerka setiap hal
yang akan terjadi. Selain itu, kelebihan lain daripada novel ini yaitu
kepandaian Andrea dalam mengeksplorasi karakter-karakter sehingga
kesuksesan pembawaan yang melekat dalam karakter tersebut begitu
kuat.

2) Kelemahan

Pada dasarnya novel ini hampir tiada kelemahan. Hal itu disebabkan
karena penulis dengan cerdas dan apik menggambarkan keruntutan alur, deskripsi setting, dan eksplorasi kekuatan karakter. Baik ditinjau
dari segi kebahasaan hingga sensasi yang dirasakan pembaca
sepanjang cerita, novel ini dinilai cukup untuk mengobati keinginan
pembaca yang haus akan novel yang bermutu.

5. Sinopsis

Novel Sang Pemimpi menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang
anak Melayu Belitong yaitu Ikal, Arai, dan Jimbron yang penuh dengan
tantangan, pengorbanan dan lika-liku kehidupan yang memesona sehingga
kita akan percaya akan adanya tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi
dan kekuasaan Allah. Ikal, Arai, dan Jimbron berjuang demi menuntut ilmu
di SMA Negeri Bukan Main yang jauh dari kampungnya. Mereka tinggal di
salah satu los di pasar kumuh Magai Pulau Belitong bekerja sebagai kuli
ngambat untuk tetap hidup sambil belajar.

Ada Pak Balia yang baik dan bijaksana, beliau seorang Kepala Sekolah
sekaligus mengajar kesusastraan di SMA Negeri Bukan Main, dalam novel
ini juga ada Pak Mustar yang sangat antagonis dan ditakuti siswa, beliau
berubah menjadi galak karena anak lelaki kesayangannya tidak diterima di
SMA yang dirintisnya ini. Sebab NEM anaknya ini kurang 0,25 dari batas
minimal. Bayangkan 0,25 syaratnya 42, NEM anaknya hanya 41,75.

Ikal, Arai, dan Jimbron pernah dihukum oleh Pak Mustar karena telah
menonton film di bioskop dan peraturan ini larangan bagi siswa SMA Negeri
Bukan Main. Pada apel Senin pagi mereka barisnya dipisahkan, dan
mendapat hukuman berakting di lapangan sekolah serta membersihkan
WC.

Ikal dan Arai bertalian darah. Nenek Arai adalah adik kandung kakek Ikal
dari pihak ibu,ketika kelas 1 SD ibu Arai wafat dan ayahmya juga wafat
ketika Arai kelas 3 sehingga di kampung Melayu disebut Simpai Keramat.
Sedangkan Jimbron bicaranya gagap karena dulu bersama ayahnya.

sekian dari saya, ini adalah tugas bahasa indonesia . mohon maaf jika ada salah salah kata , assalamualaikum.w.r.b